Mahasiswa KKN Diharapkan Bisa Menjadi Pendengar, Aktif dan Memiliki Empati
Rabu, 15 Januari 2020 | 10:49 WIB

image

Unika Soegijapranata kembali mengirim mahasiswa yang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Patean Kendal.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Soegijapranata Dra Cecilia Titiek Murniati MA PhD berharap, mahasiswa bisa menjadi pendengar yang baik, aktif dan memiliki empati.

"Dalam pelaksanaan KKN ini diharapkan para mahasiswa memiliki tiga hal," kata Cecilia saat memberikan sambutan pelepasan tim KKN Unika di Lapangan Basket kampus setempat, Selasa (14/1).

Tiga hal tersebut, mahasiswa bisa mendengarkan yang dibutuhkan warga di tempat KKN, bisa bekerja dalam sebuah tim di mana masing-masing anggota berperan aktif dan terakhir, mahasiswa bisa mempunyai empati, mengerti apa yang dirasakan warga setempat.

Program KKN tersebut diikuti 133 mahasiswa dan beberapa dosen yang akan melakukan pengabdian di lima desa di Kecamatan Patean Kendal. Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unika Dr Berta Bekti Retnawati menyatakan, pada program KKN kali ini ada kerjasama antara dosen dan mahasiswa.

“Dosen diminta untuk menganalisis permasalahan yang ada dan akan didukung oleh mahasiswa yang sedang menjalani program KKN dan pekerjaan para dosen ini akan disupport oleh mahasiswa KKN.

Sementara Ketua Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) Unika Soegijapranata Rudy Elyadi SE MM menyatakan, program KKN yang diselenggarakan kali ini menyesuaikan dengan tema karya Integritas Ekologis. Mahasiswa diharapkan bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat, mengenai pentingnya menjaga lingkungan kita supaya aman, nyaman dan terbebas dari sampah-sampah plastik.

Pelepasan mahasiswa Unika Soegijapranata yang akan menjalani program KKN di Patean Kendal, Selasa (14/1).

https://www.suaramerdeka.com/news/baca/213758/mahasiswa-kkn-diharapkan-bisa-menjadi-pendengar-aktif-dan-memiliki-empati

Kategori: