KMTS Unika Kenalkan Teknik Pembuatan Beton Pada Siswa SMA
Senin, 20 Januari 2020 | 8:28 WIB

Pelaksanaan lomba kuat tekan beton di Laboratorium prodi Teknik Sipil Unika, Sabtu (18/1)

“Lomba beton ini sudah sejak lama diselenggarakan tiap tahun, kalau tidak salah mulai sekitar tahun 2012,” demikian diungkapkan oleh Ir Yohanes Yuli Mulyanto MT dosen program studi (prodi) Teknik Sipil Unika Soegijapranata yang mendampingi pelaksanaan lomba kuat tekan beton pada hari Sabtu (18/1), di laboratorium prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata.

Lebih lanjut Yohanes menjelaskan bahwa penyelenggaraan lomba tersebut memiliki dua aspek yaitu yang pertama sebagai pengabdian mahasiswa prodi teknik sipil Unika kepada  masyarakat tertentu utamanya adalah para pelajar SMA se-kota Semarang  tentang teknik pembuatan beton bangunan, dan yang kedua sebagai ajang promosi bagi prodi Teknik Sipil, supaya para pelajar khususnya kelas XII SMA mendapat kesempatan mengenal prodi teknik sipil dari aktifitas lomba ini.

Sedang Ketua Acara Lomba Kuat Tekan Beton sekaligus divisi penalaran dalam himpunan mahasiswa prodi Teknik Sipil Unika (KMTS), Ardito Prangadji Saharuddin mengemukakan bahwa dalam pelaksanaan lomba kali ini berbeda dengan lomba-lomba tahun sebelumnya, karena dalam lomba tahun ini para peserta mendapat kesempatan untuk mencoba dulu, kemudian diuji dan selanjutnya dievaluasi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya sebelum mengikuti lomba yang sesungguhnya. Sementara dalam pelaksanaan lomba pada tahun-tahun sebelumnya hal tersebut tidak dilakukan, ujar Ardito.

Seluruh panitia lomba, berfoto bersama dengan para peserta

Hal lain, dalam pelaksanaan lomba tahun ini diikuti oleh lima sekolah SMA yang terdiri dari tujuh tim peserta dan masing-masing peserta terdiri dari tiga anggota, imbuh Ardito.

“Kita berharap dengan pelaksanaan lomba ini dapat memberikan manfaat bagi para siswa SMA yang mengikuti lomba ini, dan khususnya juga bagi para mahasiswa baru prodi Teknik Sipil yang terlibat dalam kepanitiaan lomba ini, supaya pada semester dua yang akan datang sudah siap menempuh mata kuliah teknologi bahan,”pungkasnya. (fas)

Kategori: ,