Tahun ini Materi ATGW Dibuat Sendiri Oleh Para Mahasiswa Co-Trainer
Jumat, 6 Desember 2019 | 12:34 WIB

Wakil Rektor III Unika Dr V Kristina Ananingsih ST MSc saat menyampaikan materi Pra ATGW Unika..

Unika Soegijapranata kembali menyelenggarakan kegiatan ATGW (Arising The Grateful Winner) bagi para mahasiswa baru yang mengikuti perkuliahan pada semester satu. Kegiatan ATGW ini dilaksanakan setelah para mahasiswa baru Unika Soegijapranata menjalani proses kegiatan PTMB pada awal sebelum memasuki bangku kuliah di Unika Soegijapranata.

Para mahasiswa baru tersebut akan mengikuti kegiatan ATGW yang  merupakan pelatihan kepribadian yang ditujukan kepada mahasiswa untuk mengenali dan mengasah berbagai macam softskill yang akan menjadi bekal di dunia kerja kelak. Dan pada tahun akademik 2019-2020 kegiatan ATGW diawali dengan kegiatan pengantar materi ATGW atau pra ATGW selama empat kali dimulai hari Senin lalu (2/12) di Auditorium Unika Soegijapranata, gedung Albertus lantai 3.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unika Soegijapranata Dr V Kristina Ananingsih ST MSc, bahwa ATGW memuat materi pengembangan karakter mahasiswa yang meliputi KKVPT ( Kritis, Kreatif, Visioner, Peduli dan Tangguh) yang akan diberikan selama dua bulan yaitu pada bulan Januari dan Februari 2020.

“Dalam pra PTMB para mahasiswa dibekali tentang kegiatan ATGW, yang usai mengikuti pra ATGW para mahasiswa bisa menyimak di sintaknya. Melalui sintak itu bisa dilihat pengantar dalam bentuk video mengenai materi karakter yang nanti akan dikembangkan yaitu KKVPT,” jelas Kristina.

Dari materi itu, para mahasiswa juga akan mengetahui lebih dalam tentang ATGW, sehingga saat penerapan dalam pelaksanaan ATGW sudah bisa memahami dan mengetahui serta lebih terlibat aktif dalam diskusi, termasuk target yang akan dibuat, imbuhnya.

Sedangkan dari sisi materi pelatihan, kita juga adakan pengembangan, yaitu jika biasanya dari setiap sesi pelatihan menggunakan materi dari youtube yang dibuat oleh instansi lain, namun mulai tahun ini para mahasiswa akan membuat sendiri materi tentang topik-topik itu dalam bentuk video.

Jadi kita mengembangkan potensi dari mahasiswa Co-Trainer ATGW yang mempunyai kemampuan untuk menyediakan materi itu dengan didampingi oleh tim pemateri dosen, kemudian kita memiliki fasilitas Speda (Studio Pembelajaran Digital) sehingga materi tersebut bisa dibuat dengan kualitas yang tidak jauh dari yang dibuat youtube.

Jadi masing-masing karakter itu akan dibuat video dan itu nantinya akan terkait dengan keseharian mahasiswa yang memang mendukung penguatan karakter mereka, pungkas Kristina. (fas)

Kategori: ,