Study Case dan Program Softskill Yang Membentuk Karakter
Kamis, 12 Desember 2019 | 11:46 WIB

Setelah berhasil menyelesaikan pendidikan Strata-1 (S1) Program Studi Manajemen tahun 2017 di Unika Soegijapranata, Devi Erianti tidak berhenti menimba ilmu. Ia pun kembali melanjutkan studi Strata-2 (S2) di Unika Soegijapranata. Mahasiswi kelahiran Ketapang ini memiliki cita-cita yaitu ingin memiliki karir yang sukses dan dapat membahagiakan kedua orang tua. Satu langkah menuju cita-citanya pun telah terwujud di tahun ini, yakni Ia berhasil menyelesaikan studi S2nya dengan IPK 3,93 (Dengan Pujian) serta mengantarnya menjadi salah satu Wisudawati Terbaik Magister Manajemen periode III tahun 2019.

Mendapatkan gelar sebagai Wisudawati Terbaik dijenjang pendidikan S2 tentu tidak pernah terpikirkan oleh Devi, “Awalnya ketika mendapat kabar ini saya juga tidak menyangka. Semua ini tentunya karena Tuhan yang selalu menyertai saya dan juga berkat dukungan serta doa dari orang tua. Tentunya saya merasa senang sekaligus bangga bisa mendapatkan penghargaan ini, yang tidak saya dapatkan sebelumnya ketika dijenjang S1,” ungkapnya.

Sedikit membagikan ceritanya, Devi menceritakan hal yang paling berkesan selama Ia studi S2. “Menjalani kuliah S2 di Unika semuanya berkesan, mulai dari memiliki banyak teman dan kenalan yang rata-rata sudah memiliki pekerjaan, sehingga ketika ada study case di kelas kita bisa saling sharing. Juga selama kuliah di S2 ini ada beberapa program soft skills yang dapat membantu pengembangan karakter diri kita, yakni melatih bagaimana langkah dan tindakan yang perlu dilakukan ketika nantinya menghadapi suatu persoalan, melatih kerja sama dalam suatu tim, dan masih banyak lagi,” jelas Devi.

Tesisnya yang berjudul “Peran Brand Trust sebagai Pemediasi Pengaruh Kredibilitas Selebgram Endorser dan Perceived Value Terhadap Brand Loyalty Pada Produk Kosmetik” berangkat dari besarnya andil selebgram saat ini dalam pemasaran suatu produk. Pemasar saat ini cenderung lebih tertarik untuk menggunakan jasa para selebgram dalam memasarkan produk-produk mereka di Instagram. Dengan maraknya penggunaan selebgram sebegai media pemasaran produk inilah Devi ingin melihat apakah unsur kepercayaan oleh konsumen, baik itu endorser maupun terhadap merk akan dapat mengarahkan pelanggan terhadap loyalitas yang lebih tinggi. “Jadi dalam Tesis ini saya meneliti tentang bagaimana seorang endorser yang kredibel dan nilai manfaat suatu produk dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadap merk melalui brand trust  sebagai pemediasi. Hasil yang ditunjukkan adalah brand trust berpengaruh signifikan sebagai pemediasi antara kredibilitas selebgram endorser dan perceived value terhadap brand loyalty,” terang Devi.

Dalam mengerjakan Tesis, kendala dan hambatan tentu ada, seperti perlu menyesuaikan jadwal bimbingan dengan para dosen pembimbing dan penguji tesis, juga rasa malas karena banyak revisi dari dosen. Namun, motto hidupnya lah yang selalu ia pegang untuk selalu memotivasi dirinya, yakni kesuksesan adalah buah dari usaha-usaha kecil yang diupayakan hari demi hari, hingga kini ia benar-benar menikmati kesuksesan tersebut.

Devi juga tak lupa membagikan resepnya untuk menjadi Wisudawati Terbaik, “Untuk menjadi wisudawan terbaik yang penting ada kemauan, tekun, dan bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tesis. Bisa cari topik tesis yang kita sukai, sehingga dengan demikian akan terasa lebih menyenangkan dalam mengerjakannya.” Tak lupa Ia juga berpesan untuk adik tingkat yang masih kuliah, “Bagi adik-adik yang ingin melanjutkan studi S2, ayo lanjut kuliah lagi selagi masih muda, perbanyak pengetahuan sebagai bekal masa depan yang lebih sukses!” pungkasnya. (Tata)

Kategori: ,