Manfaatkan Waktu Sebaik-Baiknya dan Raihlah Prestasi di Bidang Apapun
Kamis, 12 Desember 2019 | 12:46 WIB

Gary William Wirasandjaja tak pernah menyangka bahwa dirinya akan menjadi wisudawan terbaik Fakultas Teknologi Pertanian dalam wisuda periode III tahun 2019 ini. Laki-laki kelahiran Semarang yang akrab disapa Gary ini berhasil meraih IPK 3,95 dengan topik skripsinya yang berjudul “Identifikasi Keberadaan dan Jenis Mikroplastik pada Kerang Hijau (Perna viridis) dari Tambak Lorok Semarang” yang berkonsentrasi pada bidang keamanan pangan.

Ia mengaku tertarik melakukan penelitian ini karena seafood merupakan salah satu sumber makanan yang digemari masyarakat, dan kerang hijau sangat digemari karena enak, murah, dan mudah didapatkan di mana-mana. Akan tetapi, ada isu cemaran pada ekosistem laut yang sedang booming, yaitu mengenai sampah plastik di lautan yang apabila terpecah-pecah menjadi kecil dapat menjadi mikroplastik dan mencemari produk seafood kita.

Dalam menyelesaikan tugas akhirnya, Gary yang merupakan alumnus SMA Kristen Tri Tunggal ini mengaku bahwa kendala yang ia hadapi adalah proses penelitian yang sangat lama, hampir memakan waktu 1 tahun karena proses penelitian yang cukup panjang, sampel yang banyak, dan memerlukan ketelitian yang sangat tinggi dalam observasi mikroplastik. Namun untuk mengatasinya, ia terus meyakinkan diri bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil dan tidak lupa untuk berdoa meminta pertolongan kepada Tuhan.

Gary mempunyai tips tersendiri dalam mengatur waktu. “Cara mengatur waktu yang paling baik adalah jangan sampai membuang waktu dengan kegiatan yang tidak bermanfaat bagi perkembangan diri kita. Manfaatkan waktu yang ada sebaik-baiknya, waktu yang luang sesedikit apapun dapat dimanfaatkan, karena belajar dapat dilakukan di mana saja, dengan media apa saja, dan kapan pun juga. Jangan biarkan waktumu kosong dan bersantai-santai, karena waktu yang sudah hilang tidak dapat dibeli kembali,” tutur Gary.

Sejak awal, ia mantap untuk menempuh studinya di FTP Unika. “Saya memilih FTP Unika karena memiliki kualitas yang baik dari segi kompetensi dosen, pengajaran, laboratorium, lulusan, dan juga sudah berakreditasi A. Hal inilah yang menyebabkan saya yakin untuk menempuh studi di FTP Unika,” terangnya.

Suatu hal yang berkesan bagi Gary selama menempuh studi di FTP Unika adalah atmosfer perkuliahan yang mengubah pandangannya terhadap kehidupan perkuliahan. “Awalnya aku berpikir bahwa kehidupan perkuliahan itu tidak pleasing, di mana dosen sulit ditemui, mempersulit mahasiswa, nilai selalu jelek, dosen mengajar tidak enak, dan lain sebagainya. Tetapi di FTP Unika, ternyata dosen tidak seperti itu. Dosen FTP Unika memiliki sikap yang sangat humble dan kooperatif. Walaupun dengan kesibukan yang tinggi, dosen tetap mempedulikan mahasiswanya, dan membimbing dengan sangat baik saat di kelas maupun untuk tugas akhir,” ungkapnya.

Kepada teman-teman mahasiswa, ia bepesan, “Ayo untuk teman-teman, selama masih ada di bangku perkuliahan, semangat untuk terus belajar dan mengembangkan diri kalian. Kemudian tunjukkan siapa diri kalian dengan prestasi-prestasi yang dapat kalian raih di bidang apapun dan tidak hanya terpaku pada prestasi akademik. Selain itu, kalian juga harus bermimpi setinggi-tingginya dan semoga kelak akan menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” pungkasnya. (B.Agth)

Kategori: ,