Mahasiswa FTP Unika Lakukan Riset ke Thailand
Selasa, 24 Desember 2019 | 6:45 WIB

Sebanyak 9 mahasiswa angkatan 2017 dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata, akan melaksanakan program student internship di tiga universitas berbeda di Taiwan dan Thailand. Kegiatan tersebut akan berlangsung pada 5 Januari – 21 Februari 2020.

Program student internship ini merupakan bagian dari realisasi kerja sama FTP Unika dengan universitas di beberapa negara, yang telah berlangsung selama 15 tahun sejak tahun 2002.

Dari kesembilan mahasiswa program studi Teknologi Pangan dan program Nutrisi dan Teknologi Kuliner, sebanyak 5 mahasiswa akan melakukan internship di Biotechnology Faculty-Assumption University Thailand, 2 mahasiswa di Institute of Nutrition-Mahidol University Thailand, dan 2 mahasiswa di Department of Food and Nutrition-Providence University Taiwan. “Selama internship, mahasiswa akan melakukan laboratory activity
atau kegiatan penelitian di laboratorium sesuai dengan topik masing-masing. Melalui
kegiatan internship ini, kita harapkan mahasiswa bisa mendapatkan exposure atau pengalaman internasional secara akademik melalui penelitian ilmiah yang dilakukan di sana,” papar Dekan FTP Unika Soegi-
japranata Dr Probo Y Nugra-
hedi, kemarin.

■ Pengalaman Akademik
Dalam internship ini, paparnya lagi, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman akademik yang lebih intensif, daripada program KKL atau Kuliah Kerja Lapangan luar
negeri yang pernah didapatkan sebelumnya di semester 3.
Mahasiswa yang mengikuti program internship ini juga diharapkan, bisa menjadi duta dan representasi fakultas serta Unika di kampus kolega.

“Kami berharap mahasiswa bisa mendapatkan banyak hal melalui program internship ini, mulai dari kemampuan melakukan riset akademis, bagaimana mengelola waktu, serta mendapatkan insight atau wawasan global sehingga bisa menjadi global citizen,” ungkap Probo.

Eugenia Brigita, salah satu mahasiswa yang mengikuti internship, menuturkan bahwa melalui program ini dirinya berharap bisa mendapatkan wawasan baru dengan bertukar pikiran dengan orang-orang dari budaya yang berbeda, khususnya terkait bidang teknologi pangan.

Ada beberapa hal yang telah ia persiapkan sebelum keberangkatan di bulan Januari mendatang meliputi persiapan teknis, visa, serta persiapan literasi terkait topik yang akan diteliti.

Wawasan 21 Desember 2019, hal 3

Kategori: