FBS Unika Lepas Tenaga Dosen dan Kependidikan Yang Purna Tugas
Jumat, 6 Desember 2019 | 15:22 WIB

Drs YE Budiyana MA saat menerima kenang-kenangan buku dari Antonius Suratno PhD

Sebuah acara yang dikemas dengan apik, telah diselenggarakan oleh Fakultas Bahasa dan Seni Unika Soegijapranata dalam acara Book Launching And A Tribute to Drs YE Budiyana MA, dengan tema “A Journey of a Thousand Miles Begins With a Single Step.”

Acara yang diselenggarakan di ruang Teater Gedung Thomas Aquinas Unika ini dalam rangka melepas dosen dan tenaga kependidikan yang sudah purna tugas, sekaligus launching buku yang secara khusus didedikasikan untuk Drs YE Budiyana MA selaku founding father  Fakultas Bahasa dan Seni Unika Soegijapranata.

Antonius Suratno PhD selaku editor buku dan salah satu dosen yang diberi mandat merangkum dan menyerahkan buku yang di launching dalam acara tersebut menjelaskan tujuan penyusunan buku yang berjudul ‘Sociolinguistic in The Journey of Time.’

“Saya ingin ada tradisi akademis di fakultas kami. Jadi jika ada yang pensiun, ada upaya dari fakultas untuk membuat kenang-kenangan yang akademis juga. Nah kita mulai dengan membuat buku, supaya kalau ke depan ada yang pensiun lagi, juga ada upaya untuk membuat buku, sebab buku lebih bermakna akademik daripada barang kenangan yang lainnya,” ungkap Anton.

Sedangkan alasan memilih judul Sociolinguistic, Anton menjelaskan bahwa dari tahun ke tahun Pak Budiyana menyukai bidang itu dengan menekuni dan mengajar selama sekian tahun. Alasan lainnya supaya ada kesinambungan karena apabila Pak Budiyana sudah tidak mengajar lagi, paling tidak masih ada buku yang merupakan rangkuman karya-karya mahasiswa yang sudah di bimbing oleh Pak Budiyana, tambahnya.

Sedang Ketua panitia acara, Dra Wuryani Hartanto MA mengemukakan penghargaan kepada Drs YE Budiyana MA atas jasa dan pengabdiannya kepada Fakultas Bahasa dan Seni Unika.

“Kami merasa perlu membuat sesuatu yang istimewa bagi Pak Budiyana sebagai penghargaan atas jasa dan pengabdiannya di fakultas. Kemudian sebagai akademisi kami coba memberikan sesuatu yang akan dikenang sepanjang hayat, maka muncul pemikiran untuk memberikan kenang-kenangan buku,”terang Wuryani.

Dan harapannya, tradisi acara yang pertama kali diselenggarakan ini akan terus dilanjutkan apabila ada dosen dan tenaga kependidikan yang purna tugas, lanjutnya.

Pada kesempatan berbeda, Drs YE Budiyana MA menyampaikan rasa senangnya atas pemberian kenang-kenangan berupa buku yang secara khusus diberikan pada masa purna tugasnya.

“Saya merasa senang sekali atas hadiah yang sangat luar biasa ini. Tentu rekan-rekan dosen telah menghabiskan waktu cukup banyak untuk membuat buku ini. Dan bagi saya, buku ini merupakan penghargaan akademik yang sangat luar biasa bagi saya,” tuturnya.

Dalam acara ini, juga telah purna tugas tenaga kependidikan di Fakultas Bahasa dan Seni  yaitu Agus Waskita yang telah membaktikan diri selama kurang lebih 32 tahun di Unika. (fas)

Kategori: ,