Alumni Prodi Teknik Sipil Adakan Kongres IKATS III
Senin, 16 Desember 2019 | 10:09 WIB

Peran alumni dalam perguruan tinggi barangkali banyak yang tidak menyangsikan, karena dilihat dari perannya yang strategis dalam memperkenalkan dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap perguruan tinggi itu menjadi hal dibutuhkan oleh perguruan tinggi.

Mengingat peran alumni yang strategis tersebut, maka pada hari Sabtu (14/12) bertempat di ruang Teater Unika Soegijapranata, telah diselenggarakan Kongres IKATS  III Unika Soegijapranata.

Kongres IKATS Soepra yang berada dibawah naungan Program Studi Teknik Sipil Unika Soegijapranata ini dihadiri pula oleh Ketua Program Studi Teknik Sipil Daniel Hartanto ST MT yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan tanggapannya dengan penyelenggaraan kongres IKATS III Soepra.

“Ide penyelenggaraan Kongres IKATS ini, muncul setelah adanya saran saat visitasi akreditasi lalu, karena sebelumnya saya sebagai Ketua IKATS Soepra juga memiliki jabatan akademis sebagai ketua program studi, sehingga disarankan untuk lebih mendorong perkembangan IKATS Soepra perlu dilakukan pemisahan jabatan ketua IKATS dengan jabatan akademis dan IKATS Soepra nantinya akan dikoordinatori oleh alumni di luar akademik, ”jelas Daniel.

Kegiatan IKATS Soepra yang selama ini rutin dilakukan adalah gathering alumni, pelepasan wisuda, dan diskusi bulanan bekerja sama dengan KMTS Prodi Teknik Sipil serta beberapa kegiatan lain yang melibatkan alumni, sambungnya.

“Jika dilihat dari sejarahnya, Kongres IKATS Soepra yang sebelumnya pernah dilaksanakan adalah Kongres IKATS II pada tahun 2004. Dengan demikian  kita sudah kurang lebih 15 tahun belum pernah mengadakan kongres sehingga baru sekarang bisa terealisir.”

Adapun nama-nama calon ketua IKATS Soepra adalah Yohanes Rustanto (alumnus angkatan 1993), Daniel Agung (alumnus angkatan 1993) dan Mohammad Iksan (Alumnus angkatan 1991), tandasnya.

Setelah dilakukan pemilihan dalam kongres IKATS III Soepra tahun 2019, maka terpilih sebagai ketua IKATS Soepra yang baru untuk masa jabatan empat tahun yaitu Yohanes Rustanto dari alumnus angkatan 1993. (fas)

Kategori: ,