Unika Kerjasama dengan Google Adakan Program Gapura Digital dan Women Will
Senin, 25 November 2019 | 11:00 WIB

Sejak 2017, Google mengadakan program Gapura Digital yang bertujuan untuk membina UMKM agar beralih ke dunia digital (Go-digital) dan tampil di Google pencarian di 10 kota dan mulai tahun 2019 bertambah menjadi 14 kota. Dari ke-14, Semarang menjadi salah satu kota yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Google Gapura Digital. Di samping itu, Google juga mengadakan program Women Will yang bertujuan untuk membina pelaku usaha perempuan.

Pada hari Sabtu, 23 November 2019, Google mengadakan program Gapura Digital dan Women Will di Semarang bertempat di Hotel Citra Dream. Dalam pelatihan tersebut, beberapa dosen Unika Soegijapranata ambil bagian menjadi peserta guna mempelajari manfaat Google untuk mengembangkan bisnis maupun mendampingi mitra.

“Gapura Digital mengajak pelaku UMKM supaya bisa memperluas bisnisnya melalui digital marketing dengan tools yg diberikan oleh Google. Kami memiliki para trainer yang melatih fasilitator yang akan mengajar di kelas ini. Pada program ini kami memiliki 11 modul yang terbagi menjadi 3 tingkatan mulai dari basic, intermediate, advance. Pada hari ini, kami akan mengajarkan Google Bisnisku, sebuah aplikasi yang dikembangkan Google untuk pengembangan bisnis yang disampaikan oleh Aris Lesmana dan trik membangun merk melalui video yang dapat ditampilkan di youtube yang disampaikan Bambang Kelik. Sementara itu, materi Women Will berbicara mengenai pemasaran digital dan media sosial untuk usaha anda yang dibawakan oleh Yuli Rosiana, salah satu fasilitator sekaligus pemilik usaha PlusOneMark” jelas Gracia Arsanti sebagai Relationship Official Google.

“Apabila kita menggunakan Google sebagai pencarian, maka dari pihak Google akan merekam beberapa yang relevan dari pencarian misal apabila seseorang mengalami bocor ban di jalan kemudian orang tersebut akan mencari di google  dengan kata kunci tambal ban terdekat maka Google akan mencari yang tambal ban terdekat yang relevan meskipun lokasi agak jauh dibandingkan tambal ban terdekat, rata-rata konsumen akan menuju ke tambal ban yang direkomendasikan oleh google atau lebih tepatnya yang telah direkomendasikan google business. Fenomena tersebut disebut Zero Moment of Truth (mempercayai suatu layanan jasa tertentu tanpa melakukan pembelian atau apapun)” jelas Aris Lesmana

Ari juga menjelaskan untuk Google business, satu email dapat digunakan untuk berbagai macam usaha (Google business). Di samping itu, dalam Google Bisnisku juga terdapat tampilan adds dimana setiap kunci masing-masing memiliki nilai per kliknya. Apabila jumlah klik banyak tapi tidak berpengaruh pada jumlah penjualan menjadi risiko pengiklan untuk membayar iklan di Google karena tugas Google hanya menampilkan iklan di halaman teratas pencarian. (Cal)

Kategori: ,