Narkoba Menjadi Ancaman Pelajar dan Mahasiswa
Jumat, 29 November 2019 | 13:33 WIB

WWS 29_11_2019 Nrkoba menjadi ancaman pelajar dan mahasiswaHasil survei penelitian yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) menunjukkan bahwa 24 %, penyalahguna narkoba merupakan pelajar dan mahasiswa. Hal tersebut disampaikan Kepala BNN Provinsi Jateng Brigjen Pol Dr Benny Gunawan, dalam seminar nasional di Teater Thomas Aquinas Unika Soegijapranata, Kamis (28/11).

“Inilah sangat memprihatinkan, karena itu kita terus gencar melakukan berbagai upaya dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba(P4GN) yang menjadi tugas BNN,” paparnya, dalam seminar ‘Pengembangan Kepribadian Untuk Milenial Sehat Tanpa Narkoba’, yang diselenggarakan oleh UPT Kemahasiswaan dan Alumni (UKA) Unika Soegijapranata bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) tersebut.

Selain melakukan kegiatan P4GN di perguruan tinggi maupun sekolah-sekolah, pihaknya juga menyasar di berbagai wilayah desa dengan mengajak tokoh masyarakat dan tokoh adat, untuk ikut serta dalam upaya pencegahan peredaran narkoba.

“Narkoba yang diserang adalah otak, oleh karena itu BNN melakukan tindakan represif dan preventif. Masyarakat jangan takut untuk melapor adanya pecandu, karena akan direhabilitasi dan tidak akan dipidana,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga hadir sebagai pembicara dosen Psikologi Unika Soegijapranata Carolus Indra Dwi Purnama SPsi MPsi Psikolog, dan dosen Nutrisi dan Teknologi Kuliner Unika Soegijapranata Meiliana SGz MS.

Sementara, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unika Soegijapranata Dr V Kristina Ananingsih ST MSc menyampaikan harapan agar para mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan terkait bahaya narkoba dan tindakan pencegahannya. “Kita berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilangsung kan kali ini saja, tetapi bisa berlanjut ke kegiatan beri kutnya, sehingga para mahasiswa bisa mendapatkan man faat bagi kehidupan serta masa depan mereka,” terangnya. ■

 

►Wawasan 29 November 2019 hal. 3

Kategori: