Job Fair Unika Soegijapranata: Pencari Kerja dan Perusahaan Akan Dimudahkan
Senin, 11 November 2019 | 16:33 WIB

image

Unika Soegijapranata secara berkala, dua kali dalam setahun menyelenggarakan Job Fair, selain untuk menyalurkan lulusan universitas tersebut juga sekaligus membuka peluang bagi masyarakat luas.  Kepala Soegijapranata Student Career Center Yuliana Sri Wulandari menyatakan, job fair yang akan diselenggarakan pada 14-15 November 2019 akan memberikan kemudahan bagi jobseeker maupun perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

"Kami akan kembali menggunakan aplikasi Unika Job Fair yang bisa diunduh di Playstore, aplikasi ini baru akan kami buka pada 13 November 2019," kata Yuliana di Unika Soegijapranata, Senin (11/11).

Aplikasi tersebut nantinya akan berisi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, beserta jabatan yang ditawarkan. Jobseeker yang sudah mendaftar saat pelaksanaan Job Fair, akan mendapat id dan password yang digunakan untuk masuk ke dalam aplikasi tersebut.

Pencari kerja dapat melihat dan memilih langsung lowongan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Mereka bisa melamar dengan menyertakan data dalam bentuk softcopy yang sudah dipersiapkan lebih dahulu. "Pelamar tidak perlu membawa hardcopy, cukup membawa data softcopy dalam file ekstensi pdf," tambahnya.

Perbedaan

Perbedaan dengan penyelenggaraan job fair sebelumnya, pencari kerja dari luar Unika Soegijapranoto (umum) dapat mengakses pula sintak.unika.ac.id sama dari internal dengan alamat sintak.unika.ac.id/jobfair.  Dari internal Unika Soegijapranata, yaitu mahasiswa yang masih aktif tapi sudah mengerjakan skripsi dan alumni, bisa mengakses melalui sintak.unika.ac.id/alumni.

"Job fair sebelumnya hanya alumni dan mahasiswa aktif yang bisa login melalui sintak.unika.ac.id, pada pelaksanaan job fair kali ini alumni bisa login dengan menggunakan NIRL sedangkan internal (mahasiswa aktif) bisa login dengan NIM," tuturnya.

Keuntungan perusahaan yang berpartisipasi salam job fair kali ini, bisa melihat secara real time jumlah pencari kerja yang telah melamar di perusahaannya. Mereka oleh panitia diberi username dan password yang bisa digunakan untuk login, sehingga bisa melihat jumlah pelamar secara langsung. "Ini adalah satu bentuk usaha kami untuk mewujudkan Unika Connect," tambahnya.

Sebelumnya pelamar dari luar Unika Soegijapranata, menggunakan Google Form dan manual karena tidak bisa login masuk ke dalam aplikasi yang telah disediakan. Kini semuanya bisa dan tidak perlu membawa berkas dalam bentuk kertas, cukup softcopy saja. Pada penyelenggaraan job fair kali ini, ada 33 perusahaan yang berpartisipasi. Panitia mengaku, sampai menolak beberapa perusahaan demi kenyamanan pencari kerja saat berada di lokasi Job Fair, di Gedung Albertus lantai 3 Unika Soegijapranata.

Lowongan ditawarkan tidak hanya untuk lulusan sarjana saja tetapi juga kepada siswa SMK. Hal ini dilakukan menurut Yuliana, karena banyak permintaan dari lulusan SMK yang juga ingin diakomodir dalam Job Fair Unika Soegijapranata.

 

https://www.suaramerdeka.com/news/baca/206530/pencari-kerja-dan-perusahaan-akan-dimudahkan

Kategori: