Dua Mahasiswa Akuntansi Unika Raih Peringkat 8 di Ajang CPA Days 2019
Selasa, 26 November 2019 | 12:51 WIB

OK Team Akuntansi Unika Soegijapranata yang terdiri dari Ferdy Christa Louis S  dan Ong Jaysen Adiputra 

OK Team mahasiswa  Akuntansi Unika Soegijapranata yang  terdiri dari Ong Jaysen Adiputra (17.G1.0091) dan Ferdy Christa Louis S (17.G1.0004) berhasil menorehkan prestasi dengan meraih peringkat ke-8 dari total 66 tim yang berasal dari universitas se-Indonesia pada ajang Certified Public Accountant (CPA) Days 2019 yang diselenggarakan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) bekerja sama dengan International Federation of Accountants (IFAC) dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) pada hari Rabu dan Kamis, 13-14 November 2019.

CPA Days merupakan acara tahunan IAPI untuk berbagi pengetahuan tentang akuntansi dan ajang kompetisi akuntansi dan pengauditan tingkat nasional yang menandingkan mahasiswa akuntansi dari berbagai universitas di Indonesia.

Acara CPA Days 2019 berisi seminar, pameran, serta career fair yang dihadiri berbagai perusahaan dan Kantor Akuntan Publik (KAP) ternama di Indonesia, termasuk diantaranya Grant Thornton,  Nexia, dan  Crowe Howard yang merupakan KAP Big Ten atau sepuluh KAP terbesar di Indonesia.

Selain itu, ada sharing tentang profesi Akuntan Publik dari narasumber yang kompeten dan juga informasi mengenai lowongan kerja fulltime dan internship dari KAP dan perusahaan pendukung.

Adapun rangkaian acara yang dilangsungkan selama dua hari ini ada beberapa kisah yang menarik disimak, antara lain :

–      Digelarnya Seminar Profesi Akuntan Publik dengan tema “Sukses menjadi Akuntan Publik di tengah Gelombang Revolusi Industri 4.0: Tinjauan Regulasi dan Tinjauan Bisnis”, dengan pembicara Firmansyah N. Nazaroedin (Kepala PPPK, Kementerian Keuangan Republik Indonesia), Tarkosunaryo, MBA., CPA. (Ketua IAPI), dan Syaiful Ali, Ph.D., Ak. CA. (Dosen Departemen Akuntansi FEB UGM).

–      Kompetisi Babak Penyisihan CPA Days 2019, yang meliputi  peserta CPA Days Competition ada 66 tim. OK Team Akuntansi Unika Soegijapranata yang harus berjuang  mulai dari awal (Babak Penyisihan 1). Dari babak ini, OK Team Akuntansi Unika Soegijapranata menduduki peringkat 10 dari 60  tim universitas se-Indonesia, dan dinyatakan lolos maju ke Babak Penyisihan 2.

–      Pada babak Penyisihan 2, OK Team Akuntansi Unika Soegijapranata menduduki peringkat 8 dari 25 tim universitas se-Indonesia, setelah Trisakti School of Management, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan PKN STAN, sehingga dinyatakan lolos masuk ke Babak Semifinal.

–      Hari ke-2 CPA Days 2019 OK Team Unika Soegijapranata mengikuti kompetisi Babak Semifinal dan Final, namun sayang langkah OK Team Akuntansi Unika Soegijapranata terhenti di Babak Semifinal. Namun meskipun hanya sampai pada babak Semifinal,  banyak pengalaman berharga diperoleh 2 mahasiswa tersebut, baik dari sisi relasi, maupun sharing pengalaman. Selain itu, OK Team Akuntansi Unika Soegijapranata yang masuk dalam 10 besar kompetisi tetap mendapatkan hadiah berupa uang tunai, voucher ujian ACPA, sertifikat, dan kesempatan magang selama 3 bulan di KAP Price, Waterhouse & Co (PwC Indonesia) yang merupakan member of  Price, Waterhouse & Co (PwC) global network mulai bulan Januari sd. Maret 2020 mendatang.

Selain beberapa acara tersebut, pada hari ke-2 juga diselenggarakan dialog yang mengangkat tema “CPA Indonesia, Kualifikasi Profesi Kekinian untuk Menggapai Impian”, dengan pembicara Aria Kanaka, CA., CPA. (IAPI Management Board, Partner KAP Aria Kanaka & Partners, member firm Mazars SCRL), Sandra Pracipta, SE., Ak., CA., CPA. ASEAN CPA. (Koordinator IAPI Regional Yogyakarta, Kepala KAP Sandra Pracipta CPA), dan Dr. Suzy Noviyanti Budiono, MM., CPA., CA. (Management Board IAPI Regional Jawa Tengah, Partner KAP Bayudi, Yohana, Suzy, Arie (BYSA).

Kategori: ,