Banyaknya Prestasi Yang Berhasil Diraih, Pemeringkatan Kemahasiswaan Unika Kini Berada di Level Dua
Kamis, 21 November 2019 | 14:10 WIB

Salah satu UKM Unika saat menyerahkan prestasi terbaiknya selama mengikuti kejuaraan Nasional dan Internasional

Mahasiswa Unika Soegijapranata tidak hanya ditempa dari sisi akademik saja tetapi juga ditempa dari sisi prestasi atau softskill yang lain, demikian pernyataan Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC saat acara Audiensi dan Penyerahan Trophy serta Medali yang berhasil diraih oleh mahasiswa Unika dalam beberapa kompetisi baik nasional maupun internasional.

Prof Ridwan Sanjaya selaku Rektor Unika juga menegaskan bahwa softskill adalah bagian dari pembelajaran di perguruan tinggi untuk mempersiapkan masa depan.  Karena dalam softskill ada proses peningkatan kemampuan diri sesuai talenta atau minat dan bakat mahasiswa, yang akan berhubungan dengan manajemen pengelolaan diri dan manajemen waktu.

“Di masa depan perguruan tinggi akan lenyap jika proses pembelajarannya hanya mengandalkan sisi akademik saja. Maka mahasiswa perlu dibekali dengan kemampuan softskill dari berbagai bidang baik itu olah raga, seni, budaya, organisasi, entrepreneur, debat, public speaking dan softskill lainnya, supaya di saat lulus nanti para mahasiswa sudah siap terjun ke dunia kerja, baik bekerja untuk lembaga atau perusahaan maupun sebagai pimpinan perusahaannya sendiri,” terang Prof Ridwan.

“Universitas juga memberikan peluang beasiswa bagi para mahasiswa yang berprestasi, kemudian ada satu hal lagi sebagai wujud apresiasi saya atas prestasi yang sudah diraih yaitu para mahasiswa yang berprestasi bisa tayang di depan umum melalui baliho Unika dengan design kartun,” lanjut Prof Ridwan.

Sedang Dr V Kristina Ananingsih ST MSc selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena Unika Soegijapranata masih tetap menunjukkan prestasinya tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional.

“Atas nama para mahasiswa yang berprestasi, juga UPT Kemahasiswaan dan Alumni (UKA), kami mengucapkan terima kasih kepada Prof Ridwan Sanjaya selaku Rektor Unika, atas segala dukungannya yang sangat maksimal, juga kemantapan mental sebelum mengikuti kejuaraan,” ucap Dr Kristina.

Siang ini yang akan menyerahkan hasil terbaik para mahasiswa di kancah kejuaraan yaitu dari UKM Gratia Choir, UKM Basket, UKM Soegijapranata Debate Society, Cabang Olah Raga Renang dan Judo, lanjutnya.

Hal lain, tahun ini prestasi mahasiswa Unika Soegijapranata cukup baik yaitu pemeringkatan kemahasiswaan kita berada di level dua, kemudian secara nasional yang tadinya tidak di seratus besar sekarang di nomor 56, pungkasnya. (fas)

Kategori: ,