Unika & USAid-RWAP: Soft Skills Training tanggal 18-19 Oktober dalam 2 Kelas Full
Selasa, 22 Oktober 2019 | 12:45 WIB

Selama 2 hari yaitu tanggal 18 – 19 Oktober 2019, SSCC yang berada dalam garis koordinasi bidang III – Kemahasiswaan telah mengadakan Soft Skills Training dua kelas besar sekaligus. Kali ini, pelatihan dilaksanakan di Griya Paseban, karena seluruh ruangan di Unika sedang digunakan untuk kegiatan lain.

Berbeda pula dari sebelumnya, pelatihan kali ini  dilakukan dengan 2 (dua) kelas besar dimana secara riil terdapat 95 peserta. Dari 90 orang yang terdaftar, ternyata ada 5 orang yang menyusul untuk mengikuti.

Seperti biasa, training dimulai dengan lebih mengakrabkan peserta satu sama lain. Hal ini sangat membantu peserta dalam menyerap materi , karena mereka dituntut untuk active learning dan bekerja sama satu sama lain. Berbagai game mampu mengantarkan materi yang diberikan dalam kemasan fun but learning.

Pohon Tujuan atau goal setting adalah materi yang sangat perlu untuk dipahami oleh tiap peserta agar mereka mampu merumuskan tujuan masa depan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu, sebelum menggambar pohon tujuan, masing-masing peserta harus paham juga tentang diri sendiri dengan potensi , kelebihan dan kekurangan. Dengan demikian, pohon tujuan akan dapat tergambar dengan baik.

Dalam kurun waktu dua hari, peserta mampu menarik benang merah dari goal setting mereka dengan lebih baik, dibanding sebelumnya.

Kerjasama dan komunikasi antar personal sangat ditekankan dalam pelatihan ini. Di dunia kerja nantinya, setiap pribadi akan membawakan diri masing-masing dalam satu team work dan harus dapat bekerjasama dengan baik agar tujuan bersama dapat tercapai. Berbagai permainan dalam kelompok selalu diberikan dan harus diselesaikan oleh tiap-tiap kelompok. Solid tidaknya kelompok akan dapat terlihat dari proses dan hasil akhir permainan.

Sesi terakhir dengan simulasi keuangan sehat, yaitu menggunakan “gaji pertama” mereka, adalah sesi favorit. Peserta benar-benar diajak untuk menyelami kehidupan real saat mereka menggunakan uang dari hasil mereka bekerja selama 1 bulan.

Selain simulasi keuangan, membuat curriculum vitae dan teknik wawancara juga sangat diminati oleh peserta. Tiap kelompok diminta untuk membuat tugas kelompok dan di-review di hari kedua. Dari sinilah akan menjadi stimulan bagi tiap peserta untuk lebih banyak menggali permasalahan dan memperluas pengetahuan.

Training ini akan berlanjut lagi sampai tahun depan dan masih ada 4 kelas (satu kelas masing-masing 45 peserta). Diharapkan pada batch berikutnya akan dapat  diikuti oleh peserta yang telah selesai materi perkuliahannya dan mereka lebih fokus lagi pada persiapan kerja setelah wisuda. (yoel-sscc)

 

Kategori: