Unika Dukung Manajemen Keuskupan Agung Semarang
Rabu, 16 Oktober 2019 | 9:13 WIB

image

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata mendukung tata kelola manajemen Keuskupan Agung Semarang. Kampus tersebut membantu pembuatan laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi. Senin (14/10) tadi dilangsungkan uji coba.

Sekretaris Program Magister Akuntansi FEB Unika Soegijapranata Linggar Yekti Nugraheni menjelaskan, pada uji coba di Ruang Akuntansi CCPA Kampus Unika tadi digunakan sistem pelaporan berbasis daring.

“Kegiatan ini adalah merupakan pengembangan sistem akuntansi paroki yang dulu,  kemudian dikembangkan menjadi berbasis web, artinya nanti apabila ada development sistem, data itu tetap aman. Kemudian bisa secara online dilaporkan dan bisa diakses dimanapun,” tutur Linggar dikutip dari situs resmi Unika.Selanjutnya Linggar juga menambahkan bahwa tim dosen akuntansi Unika Soegijapranata yang terdiri dari Dr Agnes Advensia Chrismastuti SE MSi CA CPA, Vena Purnamasari SE MSi CPMA, CPA, Rini Hastuti SE MSi Akt, Linggar Yekti Nugraheni PhD dan Robertus Setiawan Aji Nugroho PhD sebagai penyusun program, serta Romo Dony Widiarso Pr sedang melakukan uji coba sistem tersebut sebelum nantinya sistem ini benar-benar bisa diimplementasikan.

“Jadi tujuannya tidak lain adalah untuk membantu sistem pelaporan akuntansi gereja sehingga lebih transparan dan akuntabel serta bisa dipergunakan oleh siapa pun yang tidak memiliki pengetahuan akuntansi,” ujarnya.

Romo Ekonom Keuskupan Agung Semarang (KAS) Romo Ignasius Aria Dewanto SJ menyampaikan beberapa alasan diselenggarakannya kegiatan uji coba implementasi sistem akuntansi ini.“Adanya kebutuhan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, dan juga perlunya membuat laporan keuangan yang cepat, valid, dan benar serta mudah diakses maupun  dianalisa. Maka tujuannya supaya paroki-paroki nantinya bisa terbantu dengan penggunaan software akuntansi ini,” jelas Romo Aria.

Lebih lanjut Romo Aria juga menambahkan bahwa KAS memiliki 107 paroki dan dari jumlah tersebut baru sekitar delapan paroki yang dicoba untuk menggunakan sistem akuntansi paroki yang berbasis web. Setelah itu, akan ada evaluasi supaya penggunaannya bisa semakin sempurna.

https://semaranginside.com/unika-dukung-manajemen-keuskupan-agung-semarang/

Kategori: