Mahasiswa FK Unika Ikuti Transprofessional Collaboration Project
Rabu, 2 Oktober 2019 | 9:20 WIB

Para mahasiswa FK Unika saat menyimak penjelasan narasumber dari CSI Polresta Surakarta

Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Unika Soegijapranata pada hari Minggu (29/9) mengikuti acara talkshow yang mengupas tentang Transprofessional Collaboration Project yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) FK Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) di  Auditorium Rumah Sakit UNS.

Acara ini diadakan untuk meningkatkan pengetahuan para peserta akan pentingnya kolaborasi dokter dengan profesional di bidang lainnya.

Dalam rangkaian kegiatan talkshow ini hadir sebagai narasumber adalah dr Gregorius Yoga Panji Asmara SH MH CLA, staf pengajar kedokteran humaniora FK Unika Soegijapranata yang memaparkan materi tentang peranan dokter di dunia hukum, maupun sebaliknya (medicine for law, law for medicine). Pertanyaan “Quo Vadis” menjadi kalimat pengantar materi yang diberikan.

Narasumber kedua adalah Kanit Polresta Surakarta, tim Crime Scene Investigation (CSI). Beliau berbagi tentang Olah TKP dan seluk beluknya, berikut peran dokter di dalamnya.

Narasumber terakhir adalah dr Novianto Adi Nugroho SH MSc, staf pengajar kedokteran forensik dan medikolegal Universitas Sebelas Maret Surakarta. Beliau berbagi tentang seluk beluk dunia forensik.

Kegiatan talkshow dilanjutkan dengan Tour de Lab Bagian Forensik dan Medikolegal RS UNS, dipimpin langsung oleh dr Adji Suwandono SH Sp.FM, kepala instalasi bagian Forensik dan Medikolegal RS UNS, yang juga merupakan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Surakarta.

Peserta dikenalkan bagian-bagian ruangan yang ada beserta fungsinya, kemudian ditutup dengan role play Olah Tempat Kejadian Perkara. Simulasi dipimpin oleh tim CSI Polresta Surakarta. Kegiatan ini berlangsung untuk menarik minat kalangan mahasiswa kedokteran terhadap ilmu kedokteran forensik.

“Hanya dokter yang bisa membuktikan terhadap prasangkaan telah terjadi tindak pidana yang berhubungan dengan tubuh manusia”

Penulis: dr  Gregorius Yoga Panji Asmara SH MH CLA

Kategori: ,