Dosen Manajemen FEB Universitas Katolik Soegijapranata menjadi dosen tamu di Da Yeh University Taiwan
Kamis, 24 Oktober 2019 | 16:27 WIB

Tim Dosen FEB Unika Soegijapranata berfoto bersama di ruang kuliah Da Yeh University Taiwan

Selama seminggu pada bulan Oktober 2019 ini, Dr Dwi Hayu Agustini, Dr Berta Bekti Retnawati dan Dr Sentot Suciarto, menjadi dosen tamu di Da Yeh University Taiwan.

Perjalanan, pertukaran dan pengembangan pengetahuan ini merupakan bagian dari output Hibah Dikti yang mereka peroleh, dan juga merupakan tindak lanjut dari MOU yang disepakati oleh FEB Universitas Katolik Soegijapranta dan College of Management, Da Yeh University.

Da Yeh University adalah salah satu universitas di Dacun, Changhua yang berorientasi pada gaya pendidikan Jerman. “Learning by doing” merupakan spirit universitas ini, sehingga hampir setiap Department dilengkapi dengan laboratorium yang canggih, dan pendampingan yang intens dari pada dosen.

Sebagai Visiting Lecturer di Da Yeh University, Bu Hayu, Bu Berta dan Pak Sentot mengajar mahasiswa S1 dan dilanjutkkan dengan audit class untuk mahasiswa S3 dengan studi kasus manajemen strategis. Mahasiswa tampak antusias dalam mendengarkan pengajaran ini, dan terjadi diskusi yang menarik.

Pada hari kedua kembali dilakukan audit class untuk mahasiswa S3 mengenai metode riset dan etika bisnis. Dalam audit class, mereka terlibat dalam aktivitas mahasiswa di kelas dan berpartisipasi dalam diskusi atau menyampaikan tentang riset yang mereka lakukan di Indonesia. Mahasiswa merasa mendapatkan banyak sekali manfaat terutama karena mengenal sisi praktek manajemen di Indonesia.

Pada hari ketiga, pengajaran dilakukan bagi mahasiswa S2 untuk kelas pemasaran dan manajemen strategis. Hari terakhir di Da Yeh diisi dengan kunjugan ke perusahaan bersama mahasiswa MBA.

Kunjungan ini tidak saja merupakan tindak lanjut MOU yang sudah ada, namun juga merupakan penjajakan lebih lanjut untuk pertukaran dosen pada masa-masa yang akan datang.  Meski hanya singkat, namun kerjasama ini akan mendorong terjadinya proses internasionalisasi FEB secara lebih nyata. [-air-]

Kategori: ,