Unika Bertekad Lahirkan Dokter yang Humanis
Kamis, 26 September 2019 | 8:29 WIB

image

Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata baru-baru ini menyelenggarakan kuliah tamu dengan mengundang dr Lie Agustinus Dharmawan PhD SpB Sp BTKV dan Prof Dr dr Ignatius Riwanto SpB-KBD. Kegiatan itu disebut sebagai upaya untuk mencetak dokter yang memiliki nilai humanis, berjiwa sosial tinggi, dan berpandangan yang luas.

Lie Agustinus Dharmawan adalah pendiri doctorSHARE atau Yayasan Dokter Peduli dan Rumah Sakit Apung. DoctorSHARE menjalankan berbagai program dengan visi yaitu memberdayakan masyarakat untuk keluar dari penderitaan yang dialami dengan tenaganya sendiri secara holistik.Salah satu program doctorSHARE adalah program dokter terbang atau flying doctors dan Rumah Sakit Apung yang bertujuan untuk memberikan pelayanan medis bagi masyarakat di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) di Indonesia.

Lie membawakan materi dengan tema Membangun NKRI Lewat Kerja Nyata: Menjangkau Masyarakat di Daerah 3T. Hal itu sejalan dengan mimpi Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata untuk mencetak dokter yang dapat mengabdi di daerah 3T.

Sementara Ignatius Riwanto adalah Guru Besar di Fakultas Kedokteran Undip dan Pembina Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata. Dikutip dari situs resmi Unika, Rabu (25/9), dia menjelaskan tentang tahapan karier sebagai dokter.Riwanto berharap mahasiswa kedokteran Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata dapat mengikuti jejaknya untuk mendapatkan jabatan pendidikan tertinggi yaitu sebagai guru besar. Kuliah tamu tersebut dapat menumbuhkan antusiasme mahasiswa kedokteran untuk mendalami dan merancang roadmap karir dan nilai hidup yang ingin mereka capai secara dini.

https://semaranginside.com/unika-bertekad-lahirkan-dokter-yang-humanis/

Kategori: