Tetap Semangat Pasti Ada Jalan
Senin, 9 September 2019 | 10:02 WIB

Mahasiswa Magister Arsitektur kelahiran Semarang ini telah berhasil menyelesaikan studinya dengan melewati banyak dinamika. Ronny Tjandra anak dari Bapak Kusmito Tjandra ini menyelesaikan tesis dengan judul “Kajian Sistem Arsitektur Pada Pasar Johar Semarang Karya Thomas Karsten”. Proses penulisan tesis ini berhasil diselesaikan karena dukungan dari dosen pembimbing yang memberikan jalan untuk mendapatkan data-data di lokasi penelitian. Tidak luput pula dukungan dari orangtua yang selalu memberikan semangat serta teman-teman yang selalu menemani dalam mendapatkan data-data penelitian di lokasi.

“Penulisan tesis ini dapat terselesaikan karena tumbuhnya semangat dalam diri kita sendiri,  disamping juga adanya dukungan dari banyak pihak sehingga tesis tersebut dapat terselesaikan,” jelas Ronny sapaan dari Ronny Tjandra.

Ternyata hasil akhir yang diperoleh  selama studi S-2 dapat berbuah manis yaitu lulus dengan IPK 3,63. Dan itu menjadi sebuah pencapaian tersendiri bagi Ronny.

Hambatan selama penyelesaian tesis ini lebih pada pengumpulan data pada lokasi yang cukup lama dan beberapa data tidak dapat ditemukan. Serta terlalu luasnya cakupan penelitian sehingga perlu dipersempit agar lebih fokus dalam penelitian.

Pesan yang ingin disampaikan dari pembuatan tesis ini adalah agar masyarakat mengetahui kemegahan dari Pasar Johar dan mengubah pandangan orang-orang terhadap pasar tradisional yang menganggap pasar tradisional itu kumuh, kotor dan tidak teratur. Serta untuk memberi pemahaman bahwa pasar tradisional juga di desain dengan sedemikian rupa agar dapat dinikmati oleh pengunjung.

Setelah selesai pendidikan jenjang sarjana akhirnya Ronny memilih melanjutkan pendidikan magister arsitektur di Unika Soegijapranata. Bagi Ronny, alasannya adalah karena dengan melanjutkan studi magister ini dapat mencari ilmu lebih mendalam lagi sebelum menuju ke pekerjaan yang sebenarnya dan juga mencari pekerjaan sampingan yang dapat dikerjakan.

Rencana terdepan Ronny, setelah menyelesaikan studi magister ini berencana untuk bekerja di kantor terlebih dahulu agar mendapatkan pengalaman dan ilmu tambahan, setelah cukup berencana akan membuka usaha sendiri.

Banyak lika-liku kehidupan yang dijalani terutama dalam penyusunan tesis dan menjalankan proyek ini. Kesan begitu membekas untuk Ronny selama berkuliah di Unika Soegijapranata yaitu banyak mendapatkan pengalaman dengan presentasi tugas melalui proyek yang sebenarnya serta mendapatkan banyak masukkan sehingga proyek yang dikerjakan kedapannya lebih dimengerti untuk tindakan yang akan diambil nantinya.

Jalani hidup semampunya jangan menyerah, Tuhan pasti bukakan jalan yang terbaik untukmu.” Merupakan motto dari seorang Ronny agar terus semangat dalam menjalani kehidupan yang penuh dinamika. Lelah pasti dirasa tetapi semangat dalam diri menjadi acuan untuk terus bangkit menjalani kehidupan. “Memilih untuk melanjutkan S2 itu adalah hak, betah untuk menuntut ilmu silahkan ambil karena banyak pelajaran yang didapat dan berguna untuk keesokkan harinya bila tidak itu juga hak karena hidup adalah pilihan,” tegas Ronny. (lid).

Kategori: ,