Semua Proses Kembali Pada Diri Sendiri
Selasa, 10 September 2019 | 12:08 WIB

Keyakinan bahwa menuntut ilmu tidak akan sia-sia, membuat Jeffri sapaan dari Jeffri Yulianto untuk melanjutkan studi magister di Unika Soegijapranata pada prodi Sains Psikologi.

Pria kelahiran Surakarta ini telah berhasil menyelesaikan studi magister dengan judul tesis “Faktor Faktor Yang Memengaruhi Sikap Guru Terhadap ABK Di Sekolah Inklusi”

Bukan hal yang mudah bagi Jeffri dapat lulus dengan IPK 3,87 dan proses penulisan tesis ini membutuhkan waktu yang cukup panjang. Awal menentukan topik hingga melakukan penelitian kurang lebih selama satu setengah tahun.

Banyak dinamika yang dialami, seperti yang menyenangkan maupun hambatan  dalam menyusun tesis. Hal yang menyenangkan seperti sebagai peneliti, Jeffri dapat berinteraksi dengan lingkungan penelitian yang sebelumnya belum pernah dirasakan. Mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang baru, Sedangkan kesulitan yang dialami yaitu dalam mencari subjek, kesulitan dalam menyusun kerangka berpikir penelitian dan rasa malas dalam diri. Untuk hambatan terbesar sebenarnya adalah diri sendiri, terkadang Jeffri bisa menjadi prokrastinator parah yang dimana dapat mendahulukan tugas yang sebenarnya tidak penting dan tidak mendesak sehingga menghindari tugas yang sangat penting.

Adapun hal yang membuat semua itu dapat dilalui yaitu untuk tetap optimis. Bukan terlahir sebagai pribadi yang sangat rajin atau sangat cerdas, tetapi Jeffri adalah orang yang optimis dalam menyelesaikan tugas.

“Untuk yang utama dalam dukungan proses penyelesaian tesis ini tentu diri saya sendiri, bukan berarti sombong tapi saya perlu mengapresiasi diri sendiri atas perjuangan dinamika dan usaha yang saya lalui selama ini. Kenapa diri sendiri? Karena sayalah yang memutuskan akan berusaha sekeras apa dan berjuang sekeras apa sehingga diri saya sendirilah yang memegang kendali secara penuh untuk menyelesaikan tesis ini. Tidak hanya diri sendiri, semua berkat dukungan dari orang-orang yang membantu seperti dosen pembimbing, teman-teman serta Mama saya yang selalu mendoakan saya,” tegas Jeffri.

Penulisan tesis ini bertujuan untuk memberikan deskripsi dan penjelasan secara kualitatif mengenai sikap guru terhadap siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di sekolah inklusi serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi sikap guru. Dalam penelitian tersebut ditemukan nilai, dukungan lingkungan pembelajaran sekolah inkluasi dan guru dalam membentuk sikapnya terhadap siswa ABK. Jeffri yang juga memiliki pekerjaan sampingan sebagai wedding singer ini akan tetap menjadikan pekerjaan sampingannya ini sebagai penyaluran hobi walaupun nantinya akan bekerja di sebuah kantor.

Kesan selama kuliah di magister Unika yaitu sangat menyenangkan, dapat bertemu dengan akademisi yang berkompeten di bidangnya. Mendapatkan proses pengembangan diri dan kemampuan melalui tugas perkuliahan merupakan pengalaman yang menyenangkan. ”Do what you fear and fear disappears, adalah motto saya dalam menjalani kehidupan ini. Rasa takut adalah hal yang natural dan seringkali terjadi ketika saya akan menghadapi sesuatu, tapi saya pastikan bahwa rasa takut hanya akan menjadi cambukan untuk lebih berani lagi, dan bukan jadi penghalang apalagi menghentikan langkah saya untuk maju.” (lid)

Kategori: ,