Pernah Raih Beberapa Penghargaan Selama Kuliah
Senin, 9 September 2019 | 10:36 WIB

Berhasil mewakili dan membawa prodi Akuntansi Unika Soegijapranata Semarang meraih berbagai penghargaan dalam lomba karya ilmiah di tingkat Nasional, Renaldo Budihardjo  menjadi salah satu wisudawan terbaik prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata Semarang periode II tahun 2019, dengan IPK 3,91.

“Yang pasti saya puas atas pencapaian saya sampai saat ini karena sejujurnya ketika saya masuk di unika saya tidak menargetkan untuk menjadi wisudawan terbaik, saya hanya menikmati kegiatan perkuliaan saya selama ini mulai dari kegiatan belajar mengajar, ujian, kepanitiaan dan organisasi baik di level jurusan hingga universitas, menjadi asdos serta kegiatan lomba dan kompetisi yang ditawarkan kepada saya” tuturnya singkat.

Lebih leluasa menceritakan kiprahnya di universitas, mahasiswa jurusan akutansi ini aktif  mengikuti kegiatan ukm. Yakni pernah menjadi pengurus divisi edukasi dari UKM Kelompok Studi Investasi (KSI) di tingkat fakultas dan menjadi kepala Divisi Pembelian UKM Koperasi Mahasiswa (KOPMA) di tingkat Universitas. “Saya sendiri memilih 2 ukm ini di sepanjang masa perkuliahan saya karena saya memang tertarik untuk belajar investasi mengenai pasar modal di UKM KSI dan belajar mengelola bisnis di KOPMA”, tambahnya lagi.

Membahas  skripsi tentang “Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Good Corporate Governance, Kompetensi Komite Audit dan Independensi Komite Audit Terhadap Kecenderungan Mengungkapkan Sustainbility Reporting.”

Mahasiswa yang akrab dipanggil Aldo ini menjabarkan tentang fenomena kerusakan lingkungan dari berbagai perlombaan yang diikuti, salah satu faktor penyebabnya adalah aktivitas perusahaan.

Sustainability report ini adalah laporan keberlanjutan yang menjadi laporan terukur bagi perusahaan bahwa mereka merupakan perusahaan yang ramah lingkungan. Saya ingin meneliti kira kira faktor apa saja yang membuat perusahaan mau membuat laporan ini karena berdasarkan fakta masih sedikit perusahaan yang mau secara sukarela membuat laporan ini. Setelah itu saya konsulkan dengan dosen pembimbing saya dan dosen saya sangat mendukung mengenai fenomena ini dari mulai seminar sampai penulisan skripsi. Semua hambatan pada dasarnya adalah dari diri sendiri, kita harus betul-betul fokus untuk mneyelesaikannya tanpa terpengaruh apapun situasi, kecuali hal yang terjadi di luar kendali kita.

“Sejauh ini dan sampai kapanpun keluarga saya lah yang memotivasi saya hingga bertahan selama ini dengan hambatan apapun, ada juga teman dekat dan dosen pembimbing. Mereka lah yang selalu menemani dan mendampingi saya di setiap perjalanan kuliah dari mulai ptmb hingga penulisan skripsi saya sampai selesai. Jujur tanpa mereka mungkin saya tidak dapat menjadi pribadi yang seperti sekarang ini,” ucap pria yang saat ini sudah bekerja PT Pura Group Indonesia.

Aldo yang pernah menyabet beberapa penghargaan seperti meraih juara II, best category National Accounting Student Conference di Universitas Sanatha dharma, dan menjadi finalis di berbagai kegiatan lomba tingkat nasional yang diadakan dari lembaga lain seperti Ikatan Akuntan Indonesia dan Association Certified Fraud Examiners dimana finalis lainnya yang adalah tempat para praktisi dan dosen dari berbagai instansi baik swasta maupun pemerintahan, menuturkan ingin mengimplementasikan apa yang dia pelajari di perkuliahan, mengharumkan nama baik dan juga almamater.

Bekerja sebagai cost control coordinator di PT Pura Group Indonesia, Aldo mengungkapkan Unika dan kualitas pendidikan pada universitas swasta adalah pilihan yang ia prioritaskan sejak awal. “Dan ketika saya melihat dan mendengar nama unika soegijapranata, saya melihat sebuah kampus yang penuh dengan keberagaman, kebersamaan, mengedepankan sdm yang ada dan berisi anak anak muda yang penuh semangat dalam meraih tujuan dan cita cita mereka”, ungkapnya.

“Saya berharap unika dapat menjadi universitas yang dapat membantu para generasi muda yang akan datang dalam menggapai apa yang menjadi tujuan dan cita cita mereka dan terus berkarya serta menjadi tempat menuntut ilmu yang diidolakan oleh para calon mahasiswa” tutupnya. (celiz)

Kategori: ,