Mampu Melihat Peluang Dalam Menyongsong Tantangan Zaman
Senin, 9 September 2019 | 10:31 WIB

Agnes Odelia Sabrina adalah wanita yang energik dalam aktivitas sehari-harinya. Wanita yang murah senyum dan senang mendengarkan musik ini memiliki kegemaran dalam bersosialisasi di dalam kelas, maupun kegiatan ekstra luar kelas.

Wanita energik yang sering disapa odelia ini, meraih predikat dengan pujian sebagai wisudawati terbaik dari program studi Manajemen pada Wisuda periode II tahun 2019 Unika Soegijapranata.

Kegiatan luar kelas pun ia tekuni dengan ikut tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS-Manajemen) yang menurutnya merupakan wadah pengembangan diri. Tentunya odelia merupakan contoh mahasiswi yang piawai dalam membagi waktu, dengan  merujuk pada prestasinya tanpa harus mengurangi kewajiban dari kedua tuntutan aktifitas tersebut.

“Meraih IPK 3,83 dengan menyandang wisudawati terbaik dari program studi Manajemen menjadi hal yang tak terduga bagi saya, kaget dan masih merasa tidak percaya,” ujar Odelia.
Skripsi dengan  judul “Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Keterampilan Kewirausahaan dan Sikap Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata” telah mengantarkan odelia dalam menyelesaikan studi di Unika.

Odelia menjelaskan bahwa pengetahuan, keterampilan, dan sikap sangat diperlukan oleh mahasiswa prodi Manajemen. Sebab ketiga hal itu mampu mendorong mahasiswa sebagai fresh graduate untuk modal ketika bersaing dalam membangun motivasi di bidang wirausaha.

Odelia pun menuturkan, bahwa sikap merupakan point penting yang harus ditekankan pada mahasiswa dalam membangun motivasi berwirausaha. Karena fresh graduate yang dipersiapkan untuk menjadi pengusaha muda kadang menemui kesulitan jika tidak memiliki sikap yang baik ketika terjun langsung di lapangan.

“Menyelesaikan studi kurang dari empat tahun di Unika memberikan kesan tersendiri bagi saya.
Selama kuliah, saya merasa asyik dan senang karena di Unika membelajarkan toleransi yang tinggi bagi saya secara pribadi,” imbuhnya.

“Hambatan tersendiri muncul ketika dalam penyusunan skripsi, saat melakukan penelitian pada mahasiswa yang sedang libur. Menggunakan 60 sample menjadikan hambatan tersendiri kala itu,”ujar Odelia yang merupakan alumnus SMA Sedes Sapientiae Semarang.

“Situasi ini tentunya harus saya akui sempat menurunkan semangat saya, namun melihat teman-teman yang sudah lebih progres dalam menyelesaikan studi menjadikan motivasi tersendiri bagi saya. Sebab motivasi saya, apa yang engkau tabur itulah yang engkau tuai,” tambahnya.

Generasi muda harus mampu melihat peluang dalam menyongsong tantangan zaman, tak hanya berhenti pada zona nyaman ketika sedang merasakan kesuksesan. Tetap memperbaharui keterampilan dan menciptakan inovasi di dalam dunia kewirausahaan adalah tuntutan kita sebagai lulusan Unika yang dipersiapkan bersaing dalam dunia bisnis di kancah internasional.

“Sesuai dengan semangat Unika dalam mottonya Talenta Pro Patria Et Humanitate, itulah yang harus menjadi  semangat mahasiswa dan mahasiswi Unika untuk tetap terus mempersembahkan talenta terbaik demi bangsa-negara serta kemanusiaan, itu yang perlu saya ingatkan,” tutup Odelia.(Katili)

Kategori: ,