Mahasiswa Unika Wakili Provinsi Jawa Tengah di POMNAS 2019
Selasa, 17 September 2019 | 11:52 WIB

Perwakilan atlet Unika saat berfoto bersama Rektor Unika Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC dan Wakil Rektor III Unika usai audiensi

Sebuah audiensi dengan Rektor Unika Soegijapranata yang dilakukan oleh para atlet mahasiswa Unika Soegijapranata yang akan berangkat ke POMNAS mewakili Provinsi Jawa Tengah telah dilaksanakan pada Jumat lalu (13/9) dengan didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unika Dr V Kristina Ananingsih ST MSc beserta jajarannya.

Dalam penjelasannya saat mendampingi audiensi dengan rektor, Dr Kristina selaku Wakil Rektor III kembali mengingatkan para atlet tim cabang olah raga Unika yang mengikuti POMNAS untuk senantiasa semangat dan penuh tanggung jawab saat bertanding.

“Penalaran potensi yang dimiliki oleh para mahasiswa memang terus dikembangkan dan didampingi. Dan asalnya memang dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unika, maka besar harapan saya dengan pendampingan yang telah dilakukan akan berdampak pada meningkatnya prestasi para atlet mahasiswa kita menuju yang terbaik,” jelas Dr Kristina.

“Hal lain acara POMNAS ini diselenggarakan dua tahun sekali, maka jika tahun lalu kita bisa mengirimkan basket saja, sedang judo dan renang belum ada saat itu. Maka tahun ini kita ada peningkatan dari tahun sebelumnya karena mendapatkan emas di tiga cabang olah raga yang dipertandingkan di POMPROV yaitu basket, judo dan renang, sehingga dalam POMNAS 2019 ini kita mengirimkan tiga cabang olah raga tersebut,” ulas lebih lanjut Dr Kristina.

Pesan yang disampaikan kepada para atlet Unika yang akan bertanding di POMNAS 2019, Dr Kristina berharap para atlet mahasiswa Unika bisa mengharumkan nama baik Unika Soegijapranata di kancah nasional dengan prestasi terbaiknya, serta bisa menjalani tanggung jawab ini dengan perasaan yang gembira agar membawa energi positif yang membawa kebaikan dan kemenangan.

Sedang Johanes Didik Armanto yang mendampingi para atlet mahasiswa Unika dalam kancah POMNAS 2019 juga menyampaikan dukungan serta harapannya agar hasil maksimal bisa didapat sesuai dengan upaya persiapan yang telah dilakukan.

“Tagetnya tentu saja adalah juara, mengingat para atlet dari Unika ini sebenarnya adalah atlet semi profesional. Memang agak berat jika ditanya harapannya, namun kita tetap optimis dan pasang target yang tertinggi,” terang Armanto.

“Dan dalam pelaksanaan POMNAS nanti dari universitas juga akan tetap mendampingi para atlet yang mulai mengikuti kompetisi mulai tanggal 14 hingga 24 September 2019. Kami dari pendamping para atlet sudah berupaya menyiapkan fisik, skill dan mental para atlet untuk siap tanding, dan harapannya para atlet dapat totalitas dan memberikan yang terbaik,” tandasnya.

Berikut adalah cuplikan wawancara dengan para atlet mahasiswa Unika yang akan mewakili Provinsi Jawa Tengah di kancah POMNAS 2019 pada saat usai acara.

Jesica Evania dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) angkatan 2018, dalam kejuaran POMNAS 2019 ini turut tergabung dalam tim Judo mengungkapkan persiapannya dalam menghadapi POMNAS 2019.

“Kompetisi Judo yang menurut rencana akan digelar tanggal 20 – 22 September 2019 ini sebetulnya sudah dipersiapkan cukup lama dengan pelaksanaan latihan rutin, namun karena akan menghadapi kejuaraan POMNAS maka dalam kurun waktu tiga bulan sebelumnya kita sudah latihan khusus, dan satu bulan mendekati pertandingan, latihan lebih intens kita lakukan,” ucap Jesica.

Lebih lanjut Jesica juga menambahkan bahwa pertandingan cabang Judo di POMNAS ini adalah yang pertama kali dia ikuti, namun demikian tetap tidak menyurutkan semangatnya untuk berusaha berjuang memberikan yang terbaik dalam persiapan maupun saat bertanding nanti. Semoga harapannya dapat meraih prestasi terbaik di cabang Judo ini dapat terwujud.

Kemudian dari tim Basket Unika Soegijapranata yang masuk dalam nominasi mewakili provinsi Jawa Tengah dalam POMNAS 2019 juga memaparkan persiapan mereka agar bisa meraih prestasi terbaik. “Kami dari tim Basket telah cukup lama melakukan persiapan, namun lebih intensif dalam persiapan POMNAS ini saat usai mengikuti ajang kompetisi sebelumnya di LIMA Nasional atau sekitar tiga minggu,” tutur salah satu wakil tim basket.

“Dan jika bicara target yang akan diraih, kami lebih berupaya untuk fokus menang pada setiap game yang akan kami hadapi atau step by step tentunya, tujuan akhirnya ya menjadi yang terbaik atau bisa meraih juara,”jelasnya.

Kezia Kristiantina, sebagai perwakilan tim cabang renang Unika yang maju ke ajang POMNAS 2019 juga mengungkapkan bahwa Unika Soegijapranata pada POMNAS dua tahun sebelumnya yaitu POMNAS 2017 juga sempat mewakili Jawa Tengah. Dan untuk POMNAS 2019 ini Kezia akan mengikuti pertandingan mulai tanggal 20 hingga 23 September 2019.

“Sebenarnya untuk terpilih menjadi perwakilan Provinsi Jawa Tengah ke POMNAS 2019 dari cabang renang berbeda dengan cabang olah raga lain, artinya yang terpilih mewakili untuk maju ke POMNAS adalah mereka yang memiliki best time di cabang renang dalam waktu satu tahun terakhir,” ungkapnya.

“Makanya jika yang lain ada jadwal persiapan pertandingan, kalau kami memang ya tetap rutin latihan di sela-sela kuliah, namun juga menjaga agar best time yang kita miliki tidak terlampaui oleh atlet renang lain, dan puji Tuhan untuk POMNAS besok best time nya masih saya pegang,” tutupnya. (AAT-AS)

Kategori: ,