Mahasiswa Unika Ikuti Konferensi ASEACCU ke-27 di Korea Selatan
Selasa, 10 September 2019 | 14:00 WIB

Delegasi mahasiswa Unika Soegijapranata dengan Rektor dan Wakil Rektor Unika Soegijapranata dalam Welcome Dinner ASEACCU di Seoul.

Student of the Year (SOTY) merupakan ajang kompetisi tahunan yang dilakukan oleh Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata untuk menyaring para mahasiswanya sampai terpilih sebuah nama yang akan menjadi mahasiswa terbaik pada tahun tersebut.

Pada tahun 2019, ajang kompetisi Student of The Year Unika Soegijapranata terpilih mahasiswa terbaik yaitu Nicholas David Setiawan atau yang akrab dipanggil David dari Fakultas Hukum dan Komunikasi.

Dengan terpilihnya David sebagai pemenang Student of the Year 2019 Unika Soegijapranata, maka ia memiliki kesempatan untuk mewakili Unika Soegijapranata sebagai delegasi dalam berbagai kegiatan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Salah Satunya ialah ketika David menjadi delegasi dalam event The Association of Southeast and East Asian Catholic  College and Universities (ASEACCU) Conference bersama dengan Daniel Ariwibowo Prabeswara yang merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi yang menjadi Student of The Year tahun 2018.

ASEACCU pada tahun ini merupakan event tahunan yang ke-27. Konferensi tahunan ini mengambil tema “Reconciliation and Situation in the East Asian Region”, dan diselenggarakan pada tanggal 19-23 Agustus 2019 di Sogang University, Seoul, South Korea.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan delegasi mahasiswa dari berbagai negara dan universitas. Dan para delegasi mahasiswa tersebut diajak untuk secara kritis membahas mengenai upaya-upaya yang dapat dicapai untuk melakukan rekonsiliasi di daerah Asia Timur. Tidak hanya mendengarkan kuliah umum dari beberapa pembicara, namun peserta juga diajak untuk melakukan diskusi secara aktif. Selanjutnya hasil diskusi tersebut dipresentasikan oleh masing-masing kelompok. Kemudian pada akhir kegiatan, tiap delegasi juga memberikan penampilan penutup bersama dengan anggota kelompoknya.

Kegiatan ini bukan hanya mempertemukan delegasi sesama mahasiswa, namun juga terdapat delegasi yang merupakan para pimpinan universitas maupun para dosen dari universitas-universitas di berbagai negara.

Dalam rangkaian acara yang ada, para delegasi baik mahasiswa maupun dosen juga diperkenalkan lebih jauh terhadap Korea Selatan. Salah satunya ialah ketika para delegasi dibawa menuju Korean Demilitarized Zone yang merupakan tempat perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Di tempat ini, para delegasi dijelaskan dan diperlihatkan mengenai batasan yang ada dan sejarah mengenai hubungan antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Menjadi delegasi dalam kegiatan ini, merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan oleh Nicholas David Setiawan dan Daniel Ariwibowo Prabeswara yang telah mendapatkan begitu banyak hal melalui kegiatan ini. Seperti yang disampaikan oleh David saat perjumpaan singkat dengannya, “Melalui kegiatan ini, saya bisa mendapatkan begitu banyak hal positif, yang pertama yaitu relasi. Saya mendapatkan begitu banyak teman, baik dari sesama delegasi Indonesia, maupun delegasi dari mancanegara. Dimana dengan perjumpaan ini, saya dapat bertukar pikiran mengenai berbagai macam hal di negara kami masing-masing. Seperti sistem pendidikan, seputar organisasi mahasiswa, dan lain sebagainya. Selain itu tentunya, saya juga dapat mengetahui budaya-budaya dari negara lain, dan melatih kemampuan bahasa inggris agar menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.

Kategori: ,