Kuliah Umum Tentang Asean di Unika
Senin, 2 September 2019 | 10:38 WIB

image

Direktur Jenderal Kerjasama Asean Kementrian Luar Negeri RI Jose Tavares memberi kuliah umum tentang “Asean: Turning Challenges into Opportunities”  dengan moderator Wakil Rektor IV Unika B. Danang Setianto SH LLM MIL di kampus Unika Bendan Duwur, Kamis (29/8/2019).

Menurut Jose Tavares, saat ini sangat dibutuhkan stabilitas keamanan di kawasan Asean agar investasi asing semakin meningkat masuk ke wilayah Asean. Wilayah Asean memiliki kesempatan sangat besar bidang kerjasama ekonomi di antaranya karena terdapat 640 juta pasar. Juga kerjasama lain seperti program beasiswa Asean, perdagangan bebas Asean, bebas tenaga kerja Asean (sementara di 8 profesi) dan lain sebagainya.

“Kawasan Asean memiliki peluang ekonomi luar biasa besar dan tidak mau memihak pada perang dagang AS-Cina ataupun kekuatan lain seperti Jepang. Sejak awal berdiri Asean 1967, Indonesia membawa Asean menjadi kawasan yang bebas dan aktif dan tidak mau menjadi arena “pertempuran” negara negara besar. Untuk generasi muda saat ini peran pemuda ke depan bisa menjadikan Asean sebagai kawasan majemuk namun damai” ujar Jose Tavares.

Pada kuliah umum yang dibuka Wakil Rektor IV Unika Seogijapranata B Danang Setianto SH LLM MIL tersebut para mahasiswa antusias menyimak serta aktif bertanya seputar isi kuliah umum yang memberi tambahan wawasan internasional para mahasiswa.

https://krjogja.com/web/news/read/108555/Kuliah_Umum_Tentang_Asean_di_Unika

Kategori: