FK Unika Lakukan Kunjungan ke RS Columbia Asia Semarang
Jumat, 6 September 2019 | 16:12 WIB

Rombongan mahasiswa FK Unika berfoto bersama di sela-sela acara kunjungan ke RS Columbia Asia Semarang

Fakultas Kedokteran (FK) Unika Soegijapranata pada Selasa (20/8) mengadakan acara pemaparan fasilitas kesehatan modern untuk seluruh mahasiswa baru FK tahun akademik 2019/2020 bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Columbia Asia Semarang.

Dalam acara ini, rombongan didampingi oleh dosen FK Unika dr Edward Hartono MARS dan seluruh mahasiswa FK Unika diterima di ruang pertemuan yang berlokasi di basement area, serta disambut oleh Direktur RS Columbia Asia Semarang dr Siska Sindhuatmadja.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan cinderamata dari FK Unika diwakili oleh dr Edward kepada RS Columbia Asia yang diterima langsung oleh direktur RS dr Siska.

Usai acara seremonial, rombongan mahasiswa dibagi menjadi empat kelompok yang masing-masing dipandu oleh karyawan RS Columbia yang meliputi bagian pelayanan medis, keperawatan, umum dan penunjang medis.

Masing-masing kelompok diajak berkeliling RS Columbia secara serentak dengan urutan lokasi yang berbeda agar mendapatkan penjelasan yang lengkap dan mumpuni dari perwakilan RS.

Adapun lokasi yang dipaparkan meliputi bagian Instalasi Gawat Darurat beserta Triage nya, Instalasi Rawat Jalan, sekilas mengenai Farmasi, Laboratorium, Radiologi, rekam medis, Fisioterapi, Hemodialisa, Kemoterapi, dan Instalasi Rawat Inap.

Pemaparan dilakukan dengan baik, selain dipandu perwakilan RS pemaparan di masing-masing lokasi juga dibantu oleh petugas atau penanggungjawab lokasi yang ada bahkan dokter spesialis Radiologi juga turut memberikan penjelasan yang baik mengenai pelayanan serta peralatan medis yang ada di wilayah Radiologi.

Seluruh mahasiswa FK Unika mendapatkan gambaran umum dari fasilitas kesehatan modern yang ada di RS Columbia Asia Semarang. Dan sesudahnya seluruh mahasiswa diminta membuat laporan perjalanan secara tertulis dengan memberikan pandangan mengenai kelebihan dan kekurangan dari fasilitas yang ada menurut sudut pandang mereka. Dan bagi  mahasiswa FK Unika yang berasal dari luar semarang bahkan luar Pulau Jawa maka ditambahkan pula tugas pandangan mereka untuk implementasi fasilitas sejenis RS Columbia Asia di lokasi asal mereka beserta alasannya.

Kategori: ,