FIKOM Unika Beri Wawasan Karir Bagi Mahasiswa
Rabu, 4 September 2019 | 16:55 WIB

Salah satu narasumber dari Alumni memaparkan materinya dalam acara talkshow

Sebuah kegiatan talkshow telah diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Unika Soegijapranata bekerja sama dengan para alumni dari fakultas tersebut, pada hari Senin (2/9) bertempat di ruang Teater gedung Thomas Aquinas Unika.

Dalam talkshow yang dihadiri oleh para mahasiswa, dosen serta para praktisi ini mengundang tiga narasumber  alumni yaitu Calvin Laviano dari alumni Game Technology yang saat ini berkarya di Agate Bandung, Natashia Austin juga alumni Game Technology dari PT SemiS yang saat ini berkarya sebagai system analyst serta Denny dari Teknik Informatika angkatan  th 2003 sebagai developer aplikasi.

Salah satu narasumber yaitu Natashia menyampaikan salah satu pengalamannya yang pernah mengikuti Exchange Program.

“Pengalaman selama mengikuti kegiatan exchange program akan sangat bermanfaat bagi kita sebagai mahasiswa yang memang harus banyak belajar dan menambah wawasan serta pengalaman. Maka saran saya jika kita diberi kesempatan untuk mengikuti program oleh dosen kita manfaatkan dengan baik, karena pasti ke depannya akan bermanfaat bagi kita,” jelasnya.

Sedang Denny yang pernah jadi Asdos (Asisten Dosen), juga mensharingkan manfaatnya. ” Itu pertama kali saya mendapatkan penghasilan saat kuliah. Tentu akan menjadi bermanfaat bagi kita yang diberi kesempatan dan kepercayaan sebagai asdos. Selain itu juga merupakan pengalaman yang suatu saat akan berguna bagi kita, seperti halnya saya sendiri yang saat ini sudah berprofesi sebagai developer aplikasi,” ucapnya.

Sedang Calvin Laviano yang banyak berkecimpung pada game developer mengemukakan ada dua jenis layanan game yaitu game B2B yang lebih cenderung melayani kebutuhan pembuatan game sesuai keinginan klien. Dan yang satu lagi adalah  game B2C artinya kita membuat game, dan apabila ada yang tertarik bermain game yang kita buat maka mereka harus membayar.

“Kalau saya lebih banyak memilih jenis game to see karena lebih profitable dan tidak terlalu pusing memenuhi permintaan klien.”

“Disamping itu kuliah itu seperti jembatan, artinya tujuan kita bisa kita capai dengan cara dan pilihan yang kita lakukan dan selanjutnya kita mengeksplore kemampuan dan ketrampilan kita. Maka selama kuliah kita harus punya passion dan diperdalam selama kuliah serta sedapat mungkin menghasilkan karya. Sebab karya yang kita buat selama kuliah akan sangat berpengaruh saat kita lulus kuliah nanti,” tutupnya.

Sedang Dekan FIKOM Erdhi Widyarto ST MT, mengemukakan gagasan penyelenggaraan acara talkshow yang memang diramu untuk memberikan gambaran karir yang bisa digeluti oleh para mahasiswa setelah lulus kuliah, dan menambah wawasan pengetahuan di luar kuliah yang banyak ditemui dalam dunia praktik.

“ Mahasiswa diharapkan bisa mengetahui karir lulusan dari FIKOM seperti apa, dan dari awal bisa mempersiapkan apa saja serta tidak lupa untuk mengembangkannya setelah mendapat pengetahuan selama perkuliahan,” jelas Erdhi.

“Sebenarnya perkuliahan itu bisa diartikan sebagai pancingan untuk para mahasiswa bisa berkembang. Dari FIKOM Unika inginnya mahasiswa termotivasi mengembangkan dirinya, sesuai profesi yang ingin diraihnya,” tandasnya. (fas)

Kategori: ,