Unika Tutup Kegiatan PTMB 2019 dengan Adu Kreatifitas
Sabtu, 17 Agustus 2019 | 12:44 WIB

Foto bersama setelah penyerahan hadiah juara PTMB Award bersama Rektor Unika, dan para Wakil Rektor Unika baik Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan maupun Wakil Rektor I Bidang Akademik

Unika Soegijapranata kembali menyelenggarakan kegiatan PTMB (Pembekalan Terpadu Mahasiwa Baru) sebelum mengawali tahun akademik 2019 – 2020.

Acara yang sudah dimulai sejak hari Senin lalu (12/8) melalui kegiatan Pra PTMB selama dua hari, kemudian dilanjut kegiatan PTMB selama tiga hari, pada Jumat sore (16/8)  resmi ditutup oleh Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC di lapangan Albertus Unika Soegijapranata.

Dalam sambutan di acara penutupan PTMB Unika Soegijapranata, Prof Ridwan kembali menekankan pentingnya PTMB bagi para mahasiswa baru sebelum mengawali perkuliahan.

“Sebetulnya aktifitas PTMB selalu diadakan oleh Unika setiap tahun sebelum mengawali perkuliahan tahun akademik yang baru. Penyelenggaraan PTMB diisi dengan pengenalan universitas dan program studinya serta pengenalan nilai-nilai Soegijapranata, supaya para mahasiswa baru mudah menyesuaikan diri dalam mempersiapkan studi selama tiga sampai empat tahun ke depan,”jelas Prof Ridwan.

Lebih lanjut Prof Ridwan juga mengemukakan bahwa untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu, para mahasiswa butuh endurance atau daya tahan tidak hanya untuk satu dua tahun saja tetapi hingga tiga sampai empat tahun.

Selanjutnya menurut Prof Ridwan, PTMB yang mengandung pengenalan nilai-nilai Soegijapranata ini diolah menjadi hal-hal mengandung kreatifitas seperti yang disajikan dalam upacara penutupan yaitu penampilan yel-yel antar fakultas di Unika.

“Disamping itu para mahasiswa baru juga kita kenalkan dengan tema karya yang setiap tahun selalu berganti dan diambil dari nilai-nilai yang dibangun oleh Mgr Soegijapranata. Tema Karya tahun akademik 2019-2020 yaitu Integritas Ekologis,” ucapnya.

Sedangkan arti integritas ekologis sendiri ada tiga hal yaitu adanya kesamaan antara ucapan dan perbuatan atau nilai kejujuran, mempunyai kesamaan untuk mencapai visi apa yang diinginkan, serta pelestarian lingkungan.

Ada beberapa capaian hasil lomba yang juga diumumkan saat penutupan PTMB 2019, antara lain adalah penerima PTMB Award yang diterima oleh tiga fakultas, yaitu Fakultas Psikologi sebagai juara pertama, Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) juara kedua, dan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) sebagai juara ketiga.

Sedangkan untuk UKM Terfavorit adalah UKM Gratia, dan Expo UKM Terbaik adalah UKM Menwa (Resimen Mahasiswa).(fas)

Kategori: ,