Unika Tanamkan Integritas Ekologis pada Mahasiswa Baru
Rabu, 14 Agustus 2019 | 16:46 WIB

Penyematan pin secara simbolis kepada mahasiswa baru Unika Soegijapranata oleh Rektor

Universitas Katolik Soegijapranata resmi membuka kegiatan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) tahun akademik 2019/2020 diawali dengan upacara pembukaan pada hari Rabu (14/8) di lapangan Albertus kampus Unika.

Tahun ini, Unika Soegijapranata memiliki 10 fakultas dengan dua fakultas baru yakni Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan.

Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC sebagai pembina upacara menyampaikan pesannya kepada mahasiswa baru.

“Disiplin dan kontrol diri adalah kunci dalam berproses. Mulai hari ini saat PTMB hingga berproses tiga sampai empat tahun  mendatang, kita siap mengontrol diri,” ungkap Prof. Ridwan.

Tema karya tahun akademik 2019/2020 juga disampaikan kepada mahasiswa baru. “Setiap tahunnya Unika memiliki tema karya. Tema karya tahun ini adalah integritas ekologis. Ada tiga hal yang penting untuk diresapi dalam tema karya ini. Yang pertama, integritas ekologis bicara tentang kejujuran. Kejujuran adalah kesamaan antara ucapan dan tindakan. Hal ini sesuai dengan karakter yang diteladankan oleh Mgr Albertus Soegijapranata sebagai patron Unika. Yang kedua adalah keinginan yang menyeluruh, yaitu keinginan untuk mewujudkan dunia dan lingkungan yang lebih baik. Yang ketiga adalah kebiasaan yang baik terhadap lingkungan. Jika kita memiliki semangat untuk mengontrol diri, maka banyak hal terkait lingkungan bisa terselamatkan,” ungkapnya.

“Untuk mewujudkannya selama berproses tiga hingga empat tahun ke depan, butuh ketekunan yang sungguh-sungguh. Jika Anda menyukai sesuatu, maka senangilah dengan sungguh-sungguh. Ketekunan yang digabungkan dengan daya tahan dan talenta masing-masing yang akan dikembangkan di Unika, akan membuat keberhasilan itu tercapai. Unika adalah tempat yang tepat untuk belajar dan berproses. Di Unika,  Anda bisa mengimplementasikan nilai-nilai yang ada selama 3-4 tahun ini. Hambatan dan rintangan adalah pembelajaran yang akan berdampak untuk pembentukan diri Anda,” lanjutnya.

“Selama PTMB, Anda akan dikenalkan tentang seperti apa itu perkuliahan dan seperti apa Unika. PTMB adalah acara edukasi dan tempat pembelajaran. Oleh sebab itu,  tidak ada kekerasan. Di sini, setiap orang mendapatkan sesuatu yang positif dan berguna. Pada akhirnya, yang dinilai adalah kreativitas dari hasil berproses selama PTMB,” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan penyematan pin oleh Rektor Unika kepada perwakilan mahasiswa baru yang merupakan representasi dari kebhinekaan Indonesia. Dilanjutkan dengan perkenalan pejabat struktural Unika. Mahasiswa baru selanjutnya mengikuti sesi pemateri yang telah dibagi dalam kelas-kelas di Fakultas. (B.Agth)

Kategori: ,