Ribuan Mahasiswa Baru Unika Soegijapranata Semarang Beradu Yel-yel dalam Penutupan PTMB
Senin, 19 Agustus 2019 | 8:44 WIB

image

Sorak-sorai ribuan mahasiswa baru mewarnai penutupan Pengenalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) 2019 Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Jumat (16/8/2019) di lapangan Albertus kampus Jalan Pawiyatan Luhur Selatan IV No1, Bendan Duwur, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

Total 1.800 mahasiswa baru baik dari Fakultas Arsitektur & Desain, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum dan Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan, serta Fakultas Kedokteran saling adu kreatifitas menyerukan yel-yel khas masing-masing fakultas.

Seperti halnya yang disampaikan Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya.

Ia menjelaskan, pada PTMB tahun 2019 pihaknya kemabali mengangkat sebuah tema baru yakni "Integritas Ekologis".

Adapun maksud dan tujuannya tidak lain tertuang dalam 3 hal yakni; Kesamaan ucapan dan perbuatan di mana sikap jujur harus selalu sematkan dalam diri, secara keseluruhan mempunyai semangat yang sama untuk mewujudkan sesuatu, serta kelestarian lingkungan bersama untuk bersatu padu dalam satu ucapan dan perbuatan serta keseluruhan semangat untuk bisa mengarahkan pada kelestarian.

"Penutupan PTMB seperti biasa diisi hal-hal yang kreatif. Tiap fakultas menyumbangkan talentanya masing-masing baik terkait yel-yel musik-musik yang jadi bagian kebanggaan mereka. Prinsipnya PTMB di Unika lebih pada pengenalan kampus, seperti apa nilai-nilai Soegijapranata tanpa ada kekerasan," tuturnya.

Adapun nilai-nilai tersebut, lanjutnya, yang kemudian diolah menjadi kreatifitas-kreatifitas yang bisa ditampilkan.

Tak lupa ia berpesan kepada Mahasiswa baru dan seluruh Mahasiswa Unika Soegijapranata pada umumnya untuk selalu mempersiapkan diri baik pembelajaran di kampus, keterampial (softskill) yang dimulai dari kepekaan terhadap lingkungan.

Hal tersebut sangat ditekankannya dalam rangka menghadapi masa era disrupsi yang nantinya bakal dihadapi mahasiswa saat kembali ke masyarakat dengan segala bentuk perubahannya.

"Melalui PTMB ini kita bareng-bareng songsong tujuan yang baik. Selama 5 hari + 1 hari yang meliputi 2 hari pertama sebagai pra PTMB kemudian 3 hari plekasanaan, dan 1 hari tambahan tanggal 17 Agustus diisi dengan upacara bersama sekaligus momentum pertanda perkuliahan di Unika dimulai," tuturnya.

Adapun hal yang lain juga membanggakan pada PTMB 2019, telah dibuka dua fakultas baru yakni Fakuktas Kedokteran dan Fakuktas Ilmu dan Teknologi Lingkungan dengan Program Rekayasa Infrastruktur Lingkungan.

Tak lupa ia juga mengucapkan selamat datang teruntuk mahasiswa baru untuk menjajaki dunia yang baru, dinamika baru, pengalaman baru yang bisa membawa perubahan baru pada 3-4 tahun ke depan.

"Talenta bisa dikembangkan dengan usaha masing-masing, jangan pernah mengungkapkan "Saya tidak bisa lebih dari ini, saya ya saya, saya seperti yang saya lakukan selama ini namun harus terbuka, mau belajar hal baru," ungkap Ridwan.

"Unika tempat ekspresi talenta, menghasilkan kreasi, dan terkoneksi, belajar dan praktek, semangat, kerja keras, ketekunan, stamina, ketahanan jangka panjang. Talenta dan Grit membangun ketrampilan. Dan selalu ingat PancaR: Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin," sambungnya.

https://jateng.tribunnews.com/2019/08/16/ribuan-mahasiswa-baru-unika-soegijapranata-semarang-beradu-yel-yel-dalam-penutupan-ptmb.

Kategori: