Lantunkan ”Rangkaian Melati” Kenang Jasa Pahlawan
Jumat, 30 Agustus 2019 | 9:22 WIB

image

-Soegijazz 2019 di Unika Soegijapranata

Penampilan penyanyi jazz, Dira Julianti Sugandhi memikat dalam ajang Soegijazz 2019 di kampus Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Rabu (28/8) malam.

Penyanyi kelahiran Bandung ini tidak saja menyanyikan lagu jazz dengan lirik berbahasa Inggris. Selaku bintang tamu, penyanyi berusia 40 tahun itu juga melantunkan lagu keroncong perjuangan, “Rangkaian Melati” yang aransemennya diubah jadi musik jazz.

Dalam kesempatan itu, Dira mengaku senang datang ke Kota Semarang. Sebab, banyak tempat-tempat peninggalan bersejarah, seperti kawasan Tugu Muda sebagai tempat pertempuran Lima Hari di Semarang. Hal itu membuatnya mengingat jasa-jasa pahlawan.

Apalagi, almarhum kakeknya juga seorang pejuang yang membela Tanah Air di kawasan Siliwangi Jabar. “Sewaktu kecil, saya ingat kakek saya pakai seragam tentara dan gagah banget. Lagu ini (Rangkaian Melati-Red) didedikasikan buat semua pejuang,” tandas Dira.

Acara Tahunan

Dalam kesempatan itu, ia juga tampil membawakan lagu “Ibu Pertiwi”. Soegijazz yang mengangkat tema “All About Jazz” ini merupakan kali kelima digelar di kampus Unika Soegijapranata Semarang. Selain Dira, ada juga penampilan pencipta lagu dan musisi Ardhito Pramono alias Dhito. Ajang ini dihelat 12 jam beruntun, dari pukul 12.00- 24.00. Penampilan lain dari Voxcom Acapella, Soegiband grup dosen dan tenaga kependidikan Unika, MOE Project, CGT BGT, EDnAB, Fragile Sticker, Mbahro Jazz, serta Komunitas Jazz Solo.

Penampilan penyanyi, Ardhito yang malam itu memainkan piano dan gitar, juga yang ditunggu-tunggu penonton. Dalam lagunya dengan judul “Cigarettes of Ours”, Dhito memainkan alat musik gitarnya untuk menghibur pencinta musik jazz, baik mahasiswa maupun masyarakat umum.

Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Unika Soegijapranata Semarang, Benediktus Danang Setianto SH LLM MIL mengaku akan terus mempertahankan Soegijazz sebagai acara tahunan. Pergelaran ini juga sudah menjadi ciri khas dari Unika yang tetap konsisten menampilkan pergelaran musik jazz.

https://suaramerdeka.news/lantunkan-rangkaian-melati-kenang-jasa-pahlawan/

Kategori: