Unika Miliki Prodi Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan
Senin, 22 Juli 2019 | 11:11 WIB

image

Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan (RIL), menjadi program studi terbaru dari Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan Unika Soegijapranata Semarang. Hal tersebut seiring dengan SK Kemenristekdikti pada November 2018 lalu.

“Dalam program studi RIL, kami berfokus untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang rekayasa infrastruktur perkotaan dan lingkungan. Mahasiswa yang lulus nantinya akan menyandang gelar Sarjana Teknik, yang memiliki kompetensi sebagai seorang engineer,” papar Ketua Program Studi RIL, Dr Rr MI Retno Susilorini ST MT disela peluncuran di kampus tersebut, Rabu (17/7).

Dipaparkan, program studi RIL menggabungkan tiga hal penting yakni rekayasa sipil, pembangunan perkotaan, serta teknik lingkungan. Lulusan RIL memiliki kompetesi dalam rekayasa infrastruktur berwawasan lingkungan, desain, serta analisis yang relevan dengan isu-isu terkini dan harus berdasarkan pada pertimbangan serta evaluasi audit lingkungan.

“Di Indonesia hanya ada empat perguruan tinggi yang memiliki prodi RIL, namun keempatnya mempunyai pendalaman fokus yang berbedabeda. Jadi bisa dibilang, Unika satu-satunya yang memiliki prodi RIL rekayasa infrastruktur perkotaan dan lingkungan,” tandasnya.

Program studi RIL, juga memiliki program S1-S2 Smart City yang memungkinkan mahasiswa menempuh studi S1 sekaligus S2, hanya dalam 5 tahun. Pendidikan S1 ditempuh dalam progdi RIL, sedangkan pendidikan S2 dapat ditempuh melalui Program Magister Lingkungan dan Perkotaan (PMLP). Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan juga memiliki Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) untuk pendidikan S3.

Dalam peluncuran tersebut, juga diselenggarakan seminar dengan menghadirkan tiga pembicara yakni Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan
Sanjaya, Kaprodi RIL Dr Rr MI Retno Susilorini, serta Prof Dr Y Budi Widianarko MSc.

Sementara itu, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi juga menyampaikan apresiasinya terhadap launching prodi RIL.

“Ini merupakan terobosan yang luar biasa dari Unika Soegijapranata, untuk menyikapi perkembangan situasi perkotaan kekinian. Melalui prodi RIL, kita harapkan muncul generasi-generasi yang mampu melihat bagaimana membuat dan merekayasa kota, bersinergi dengan lingkungan yang nyaman tanpa harus merusak ekosistem yang lain,” tandasnya.

►Wawasan 19 Juli 2019 halaman 2

Kategori: