Unika Buka Prodi Baru S1 Rekayasa Infrastruktur Lingkungan
Kamis, 18 Juli 2019 | 12:42 WIB

image

Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Prof Dr Ridwan Sanjaya SE Skom MSIEC meluncurkan prodi baru S-1 Rekayasa Infrastruktur Lingkungan (RIL) Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan (FITL) di kampus setempat, Rabu (17/7/2019). Pembukaan ditandai pemukulan gong oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Rektor Unika Prof Dr Ridwan Sanjaya SE Skom MSIEC dan Kaprodi S-1 Rekayasa Infrastruktur Lingkungan Dr RR MI Retno Susilorini ST MT menyatakan prodi ini nantinya menghasilkan lulusan (sarjana teknik) bidang rekayasa infrastruktur perkotaan dan lingkungan. Prodi ini “gabungan” 3 hal menyangkut rekayasa sipil, pembangunan wilayah perkotaan, dan teknik lingkungan.

“Prodi ini di Indonesia baru ada 4 yaitu ITB dengan fokus infrastruktur limbah, Univ Haluoleo fokus infrastruktur sipil umum dimana keduanya PTN. Sedangkan untuk swasta Institut Teknologi Trisakti fokus pada infrastruktur perkeretaapian dan Unika ini dengan fokus infrastruktur perkotaan” ujar Rektor.

Kaprodi RIL menyatakan pula launching prodi ini diisi pula dengan seminar dihadiri Walikota Semarang Hendrar Prihadi (sebagai keynote speaker), Rektor Unika Prof Dr Ridwan Sanjaya dengan topik “sistem informassi smart city”, Kaprodi RIL mengangkat topik “infrastruktur kota berkelanjutan” dan guru besar lingkungan Unika Prof Dr Budi Widianarko MSc “sikap ekologis kota yang bahagia.

Sementara itu pula kepada pers usai memhuka prodi baru RIL, Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyambut baik dibukanya prodi baru di Unika tersebut. Pendirian prodi juga dianggap ide cerdas menyikapi perkembangan situasi perkembangan perkotaan kekinian. Lulusannya juga bakal mampu menjadi sarjana yang paham bagaimana membuat kota, membangun kota tanpa merusak atau melukai lingkungannya.

http://www.kampussemarang.com

Kategori: