PSW Unika Putar dan Diskusi Film “First”
Rabu, 10 Juli 2019 | 11:18 WIB

image

Pusat Studi Wanita (PSW) Unika Soegijapranata Semarang bekerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia dan American Film Showcase menggelar acara pemutaran dan diskusi film “First” di kampus Unika, Senin sore (8/7/2019).

Hadir pada acara tersebut sutradara film First yang juga Video Editor Time Magazine, Spencer Bakalar, Jed Dornburgh (dari Atase Kebudayaan Kedubes AS) dan Pirina Vindiartha (cultural affairs specialist) kedubes AS serta Ketua PSW Unika Dr Rustina Untari.

Menurut Spencer film first (pertama) ini mengangkat kisah-kisah tentang para perempuan AS yang berprestasi luar biasa atau perempuan “pertama” di berbagai bidang profesi. Misalnya perempuan pertama yang menginjakkan kakinya di bulan, perempuan pertama yang meraih pangkat jenderal bintang 4 dan lain-lain. Film ini membawa pesan perempuan bisa mencapai sukses di level tertinggi bidang apapun.

“Pembuatan film dokumenter ini memakan waktu setahun, 2016-2017, terbagi dalam 50 episode. Tokoh film merupakan wanita dari berbagai ras yang ada di AS seperti negro (Afrika-America, hispanik, asia-america dll)” ujar Spencer.

Film First, selain project yang dibuat untuk Time Magazine juga  dibuat dibawah naungan Kedubes AS di Jakarta serta American Film Showcase. American Film Showcase merupakan program guna membagikan pengalaman dan keahlian para pembuat film di AS ke seluruh dunia, mengingat AS merupakan negara dengan produksi film terbesar dunia serta menjadi pioner dan barometer perfileman dunia.

Sementara itu Ketua PSW Unika Soegijapranata Semarang Dr Rustina Untari menyatakan pesan yang disampaikan film first sejalan dengan visi misi PSW Unika yang ingin memajukan perempuan Indonesia.

http://www.kampussemarang.com, https://krjogja.com

Kategori: