Pelatihan Softskill Siap Kerja Bagi Mahasiswa Semester Akhir, Kerjasama UNIKA dengan RWAP-USAID
Minggu, 28 Juli 2019 | 7:34 WIB

Baru-baru ini yaitu sekitar bulan Juni-Juli awal , telah terdengar geliat kerjasama yang terjalin antara Unika dengan USAID. Kali ini bentuk kegiatan yang akan segera direalisasikan adalah Pelatihan Softskill Siap Kerja.

Apa dan bagaimana pelatihan ini dijelaskan oleh Yuliana , Kepala Soegijapranata Student Career Center (SSCC) atau Pusat Karir dalam obrolan singkat. “Pelatihan ini ditujukan bagi mahasiswa semester 7-8 atau semester akhir, yang sekiranya akan masuk ke dunia kerja. Sebagaimana diketahui bahwa pada semester ini, mahasiswa tinggal menyelesaikan beberapa mata kuliah dan juga skripsi mereka. Sambil menyeesaikan, pada umumnya mahasiswa juga telah lirak lirik , mau kerja di mana neh setelah ini. Untuk itu, kami memberikan layanan pelatihan pembekalan bagi mereka agar tetap fokus dengan apa yang mereka impikan dan mampu membawa diri mereka masuk ke dunia kerja.”

Pelatihan ini akan diadakan selama 2 hari full dalam 4 batch pilihan , dimana setiap batch akan ada 3 kelas dengan masing-masing kapasitas 45 mahasiswa. Diharapkan mahasiswa semester 7-9 , ataupun yang telah memasuki masa skripsi dan yang akan wisuda , serta Ormawa dapat mengikuti kegiatan ini.

 

Kegiatan pelatihan yang didanai oleh USAID ini ditanggapi dengan tangan terbuka oleh SSCC, yang kebetulan juga mempunyai program kerja yang sama , yaitu pelatihan siap kerja yang diadakan tiap semester.

Pelatihan kerjasama dengan USAID ini terbatas untuk 585 mahasiswa. Biaya yang dikeluarkan untuk pelatihan softskills ini tidak sedikit dan mendapatkan dana hibah dari USAID. Selayaknya Unika dapat menggunakan sebaik-baiknya bagi mahasiswa sesuai dengan prosedur USAID.

Ibu Dr. Kristina Ananingsih, ST., MSc., Wakil Rektor III , dalam rapat bidang kemahasiswaan beberapa waktu yang lalu menyampaikan, bahwa pelatihan siap kerja RWAP ini dapat merupakan “kelanjutan” dari goal setting mahasiswa. Saat mereka memasukki semester awal, diarahka untuk membuat goal setting selama study. Tiap tahun diberi kesempatan membuka kembali goal setting mereka dan melakukan evaluasi. Saat semester akhir, mahasiswa akan terbantu dengan pelatihan RWAP ini , untuk membuat goal setting mereka saat usai kuliah dan siap bekerja.

Dalam berbagai kesibukan agenda kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru ataupun Dies dan kegiatan awal perkuliahan lainnya, pelatihan ini juga harus terlaksana sesuai deadline yang diberikan USAID. Dimulai pada tanggal 23-24 Agustus mendatang, kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan di area TC-pendopo ataupun ruang lainnya di Unika akan berlanjut sampai dengan 4 pilihan batch.

Pelatihan ini akan dipandu oleh para trainer yang telah ditraining khusus oleh USAID dan mendapatkan license. Mereka adalah CVR Abimanyu, S.Psi., MPsi , dosen Fakultas Psikologi, Lenny Setyowati, SS., M.I.Kom yaitu Kepala Biro Akademik, Alvonsus Ponco H, SKom, MM yang saat ini menjabat Kepala UPT Kemahasiswaan, dan juga Yuliana Sri Wulandari, SE sebagai ketua pelaksana kegiatan serta Kepala SSCC.

Bagi mahasiswa yang berminat dan diprioritaskan, silahkan untuk mendaftarkan diri melalui google form http://bit.ly/2Z1rqZy atau dapat menghubungi SSCC di gedung Mikael lantai 2. (yoel-sscc)

Kategori: