Mahasiswa Unika ‘Belajar’ di PT INKA Madiun
Senin, 24 Juni 2019 | 9:13 WIB

image

Dalam rangka mendekatkan diri pendidikan tinggi dengan perkembangan dunia industri, 48 mahasiswa dan dosen pendamping Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika Soegijapranata Semarang mengunjungi PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) manufaktur kereta api terintegrasi yang ada di Madiun.

Mahasiswa didampingi Ketua Program Studi Teknik Elektro Dr Leonardus Heru Pratomo ST MT  dan diterima Herlambang Eko Adi selaku Manager Keamanan disertai oleh tim teknik dan Humas PT INKA (Persero). Menurut Herlambang, bangsa Indonesia sebenarnya bangsa yang pandai dan tidak kalah dengan bangsa lain. Salah satu bukti, 18 Mei 1981 didirikan PT INKA (Persero) produsen kereta api terintegrasi pertama di Asia Tenggara seraya berfokus pada produk dan layanan berkualitas tinggi transportasi terbaik. Selain dioperasikan di Indonesia, produk INKA telah menyebar dan beroperasi di banyak negara seperti Bangladesh, Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura dan Australia.

Produk tersebut berupa lokomotif, kereta penumpang, kereta berpenggerak, Gerbong barang, kereta khusus serta produk pengembangan.

Peserta kunjungan industri, bagian bagian pabrik kereta api dengan luas lahan 22,5 ha dan tahun ini akan dibangun sebagai pengembangan industri tersebut di Banyuwangi. Mahasiswa bisa melihat proses pengerjaan awal sampai pengecatan dan pemasangan instalasi pendukung serta pengiriman kepada negara pemesan maupun kebutuhan nasional. Rata-rata kereta api yang dihasilkan perbulan mencapai 3 unit.

Krismon, mahasiswa peserta kunjungan menanyakan langkah PT. INKA bersaing dengan produsen kereta api dari negara lain. Secara teknis maupun keunggulan di bidang perkeretaapin, Indonesia tidak ada tandingannya di Asia tenggara, tetapi di Asia negara Korea, Jepang India dan Cina maupun di Eropa Indonesia harus berjuang memenangkan pasar meski sangat ketat persaingannya. Oleh sebab itu pengembangan industri yang ada di Banyuwangi akan menjawab kebutuhan tersebut.

Sementaara itu Leonadus Heru, selaku ketua program studi   berterima kasih pada PT. INKA atas kunjungan tersebut. Leonardus menangkap banyak hal baru dan penyesuaian di dunia industri  yang sejalan linier dengan jasa pendidikan utamanya teknik elektro Unika Soegijapranata. Bagi alumni dan mahasiswa tidak perlu khawatir apa yang dibutuhkan industri sudah dapat dipelajari di bangku kuliah tinggal penyesuaian dan pengembangannya.

https://krjogja.com

Kategori: