Mahasiswa Ditantang Berbisnis di Era Millennial
Rabu, 19 Juni 2019 | 12:16 WIB

Salah satu mahasiswa tampak menjelaskan produk usahanya pada pengunjung

Gaung yang semakin nyaring di generasi Millennial ini salah satunya adalah tumbuhnya era baru dalam industri yang sering disebut revolusi industri 4.0. Menyikapi perkembangan yang demikian pesat, maka perlu dilakukan upaya yang terprogram dan antisipatif terhadap dunia industri yang mengalami disrupsi dimana-mana. Salah satu upaya tersebut muncul dari dunia perguruan tinggi yaitu dalam kegiatan yang dilakukan oleh konsentrasi entrepreneurship Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata, yang mengadakan Expo Kewirausahaan Millennial pada hari Rabu (19/6) bertempat di halaman gedung Yustinus Unika Soegijapranata.

Saat dijumpai, salah satu pendamping kegiatan dan dosen entrepreneurship FEB Unika Dr Chatarina Yekti Prawihatmi SE Msi menuturkan bahwa acara expo yang digelar dari pagi hingga siang ini, merupakan pengembangan kurikulum konsentrasi entrepreneurship yang prosesnya sudah diikuti sejak para mahasiswa memilih pendalaman ilmu di konsentrasi kewirausahaan sekitar dua semester.

“Expo kewirausahaan ini sebetulnya sudah dilaksanakan beberapa kali cuma tidak terstruktur, makanya mulai semester ini akan diagendakan secara rutin dan terstruktur melekat pada mata kuliah Pengambilan Keputusan Kreatif dan Inovasi, dua mata kuliah ini menjadi bagian dalam konsentrasi kewirausahaan Prodi Manajemen FEB Unika. Hal tersebut dilakukan untuk mendorong para mahasiswa untuk berani mencoba sehingga tidak hanya dapat teori tetapi teori itu diimplementasikan dalam kegiatan expo ini,” tutur Dr Yekti.

Salah satu kelompok usaha saat menjelaskan produk usahanya dihadapan juri

“Dalam pelaksanaannya, expo kewirausahaan ini juga diikuti oleh sekitar 80 mahasiswa yang dibagi dalam 13 kelompok atau stand dari berbagai produk baik kuliner maupun  jasa. Dan dinilai oleh tiga juri dari dosen Unika sendiri, yaitu Dr Rustina Untari,  Rotumiar Pasaribu SS Mkom, dan Yimmy Iskandar ST MBA. Sedangkan penilaiannya antara lain adalah penggalian ide untuk menjawab tantangan peluang bisnis dan menciptakan peluang baru melalui produk yang inovatif dan bersaing di era Millennial,” imbuhnya.

Sedang Dr Widuri Kurniasari sebagai Ketua Proram Studi Manajemen juga menegaskan kembali harapan dan tujuan diselenggarakannya expo kewirausahaan millennial. “Kegiatan expo kewirausahaan ini masih berkaitan dengan konsentrasi kewirausahaan di FEB. Selain itu event ini sebagai ajang untuk menggali jiwa kewirausahaan para mahasiswa dan menggali ide kreatif serta menerapkannya dalam praktek bisnis,” jelas Dr Widuri.

“Hal lain, acara seperti ini adalah acara tahunan yang harus ada dan akan diselenggarakan setiap semester genap. Kemudian tujuannya tentu saja untuk memberikan pengalaman bahwa bisnis itu menyenangkan, dan ada dari para mahasiswa ini yang muncul menjadi wirausaha muda,” tutupnya. (fas)

Kategori: ,