Mahasiswa Asah Kemampuan dan Bangun Jaringan Melalui Glowmention V
Selasa, 18 Juni 2019 | 11:20 WIB

Tim Byte dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta saat paparkan materi timnya di hadapan juri lomba

Perlunya para mahasiswa untuk membangun komunikasi dan jejaring antar perguruan tinggi di Indonesia, telah mendorong Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen (HMPSM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata untuk menyelenggarakan sebuah event kompetisi antar perguruan tinggi tingkat nasional yang dinamakan GLOWMENTION V (Glow In Management Competition V).

Acara yang diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 17 hingga 19 Juni 2019 ini, diikuti oleh sekitar 24 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta tingkat nasional dan tahun ini sudah kelima kalinya dilangsungkan.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Dr Octavianus Digdo Hartomo menjelaskan secara singkat tentang ajang kompetisi Glowmention. “Kompetisi ini termasuk ajang yang prestisius karena diikuti oleh perguruan tinggi negeri dan swasta ternama di Indonesia, dan hal membangun jaringan itu penting mengingat para mahasiswa ini nantinya akan menjadi para pemimpin di perusahaan atau di instansi pemerintah,” ucap Dr Oki sapaan akrab Dekan FEB ini.

“Tema yang dipilih juga menarik yaitu bagaimana industri kreatif lokal menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0 karena hal tersebut adalah landscape yang dihadapi oleh para mahasiswa sekarang. Dan harapannya suatu saat para mahasiswa ini bisa bekerja sama untuk menghadapi tantangan di masa mendatang, karena tidak mungkin mereka bekerja sendiri di era globalisasi yang pesat ini, oleh karenanya tuntutan untuk kerja sama atau kooperatif menjadi penting,” lanjutnya.

Sedang Ketua Program Studi Manajemen FEB Unika Dr Widuri Kurniasari menambahkan tentang kemanfaatan kegiatan Glowmention bagi para mahasiswa.

“Ajang kompetisi ini melatih kemampuan problem solving bagi para mahasiswa. Problem solving dimaksud adalah para mahasiswa akan menghadapi case yang riil dari perusahaan. Jadi casenya yang membuat adalah perusahaan dan perusahaan sendirilah yang menilai, kira-kira masukan dari mahasiswa itu seperti apa, dan yang terbaik adalah pemenangnya,” jelas Dr Widuri.

Demikian pula Wakil Ketua panitia Glowmention V FEB Unika Michael Ardito Virgiawan juga menuturkan bahwa ada dua perusahaan yang kerja sama dengan Glowmention V yaitu Makuta Pop dan CICIL (cicil.co.id). “Dua perusahaan tersebut bekerja sama dalam event Glowmention V dengan harapan agar mendapatkan tanggapan dan solusi-solusi dari para mahasiswa terutama tentang pemasaran mereka, yang selanjutnya akan dieksplor lebih lanjut oleh kedua perusahaan tersebut.”

Rangkaian acara dalam kompetisi Glowmention V ini meliputi case presentation, debate serta hot point, selain itu acara ini juga mengadakan kunjungan ke PT Victoria Care Indonesia ( Herborist) guna melakukan pembelajaran di lapangan, kemudian peserta juga mengikuti city tour kota Semarang ke Sam Poo Kong, dan dilanjutkan dengan berbelanja oleh-oleh khas Semarang di Bandeng Juwana. (fas)

Kategori: ,