LPPM Unika Pamerkan Hasil KKU dan KKS Mahasiswa
Kamis, 20 Juni 2019 | 14:38 WIB

Ibu Tia Hendi saat mengunjungi stand expo KKU dan KKS Unika

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata pada hari Kamis (20/6) bertempat di halaman gedung Albertus telah menyelenggarakan Expo KKU (Kuliah Kerja Usaha) dan KKS (Kuliah Kerja Sinergis) tahun 2019.

Hadir dalam acara tersebut adalah Wakil Rektor I Bidang Akademik Dra Cecilia Titiek Murniati MA PhD, Kepala LPPM Unika soegijapranata Dr Berta Bekti Retnawati, Ketua Penggerak PKK Kotamadya Semarang Kriseptiana Hendrar Prihadi SH MM

Dalam penjelasannya, Dr Berta sebagai Kepala LPPM Unika menuturkan tentang pelaksanaan expo yang merupakan wujud akhir dari penyelenggaraan KKU dan KKS tahun 2019.

“Dalam KKU para mahasiswa melakukan pendampingan pada para pelaku usaha UMKM, sedangkan di KKS para mahasiswa bersinergi dengan PKK kelurahan Tegalsari Kecamatan Candisari. KKS sendiri adalah bentuk KKN alternatif yang baru pertama kali diselenggarakan di Unika Soegijapranata bahkan merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang melaksanakan kegiatan KKS ini di Indonesia,” ungkap Dr Berta.

“KKS ini kita pilih karena Unika juga ingin memberikan sumbangsih kepada masyarakat melalui kerjasama dengan PKK kota Semarang. Disamping itu PKK ini sebagai salah satu kelompok masyarakat di akar rumput dan di semua wilayah ada, sehingga harapan kami dengan 10 program pokok PKK itu para mahasiswa bisa melakukan pendampingan secara optimal, dan diberdayakan lebih bagus lagi. KKS sendiri akan diselenggarakan lebih luas lagi di wilayah kota dan Jawa Tengah,” lanjutnya.

Sedangkan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang Krisseptiana Hendrar Prihadi SH MM atau sering disapa Ibu Tia Hendi menyampaikan penghargaannya kepada kepada Unika Soegijapranata atas dukungan ke PKK Kota Semarang.

“Ini adalah hal yang sangat luar biasa karena seluruh stake holder telah mendukung kegiatan PKK. Karena pada kenyataannya kader PKK ini sampai ke akar rumput melalui dasawisma, butuh sekali masukan-masukan dari berbagai pihak untuk memberikan edukasi kepada ibu-ibu tersebut, seperti yang dilakukan KKS Unika Soegijapranata,” urai Tia Hendi.

“ Kerjasama antara Unika dengan PKK Kota Semarang juga luar biasa, tentu saja tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat. Dan harapannya tidak hanya dari universitas tetapi juga CSR perusahaan dan pemerintah sendiri, sehingga semua mengroyok kader-kader PKK supaya meningkat kompetensinya, kapasitasnya dan kemampuannya  dalam berkegiatan di lingkungan masyarakat sekitarnya.”

Sedangkan dalam acara workshop yang dilangsungkan di ruang teater sebagai kelanjutan acara expo, Ibu Tia Hendi juga menyampaikan pesan kepada para pengusaha UMKM dan ibu-ibu kader PKK,  perlunya partisipasi atau gerakan secara bersama-sama untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga yang menjadi fokus utama dalam gerakan PKK. Harapannya dengan gerakan tersebut akan berdampak salah satunya adalah peningkatan kemampuan pendidikan dalam keluarga, sehingga tingkat pendidikan keluarga menjadi lebih baik dan keluarga menjadi sejahtera. (fas)

Kategori: ,