Glowmention, Asap Kemampuan Mahasiswa Pecahkan Masalah Ekonomi
Selasa, 25 Juni 2019 | 8:30 WIB

SM 25_06_2019 Glowmention, asah Kemampuan Mahasiswa
Glow In Management Competition (Glowmention) V yang digelar Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen (HMPSM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, baru-baru ini, menarik minat 24 perguruan tinggi negeri dan swasta nasional.

Glowmention menjadi ajang mahasiswa untuk berkompetisi memecahkan masalah menyangkut bidang ekonomi. Kegiatan ini melibatkan dua perusahaan, Makuta Pop dan CICIL yang memberikan contoh kasus untuk diselesaikan.

Selain itu, dua perusahaan ini sekaligus juga menjadi tim penilai dari rnasing-masing peserta. "Glowmention ini kompetisi untuk mengasah kemampuan menyelesaikan masalah. Mahasiswa akan menghadapi kasus riil yang dibuat perusahaan. Tim kedua perusahaan itulah yang akan rnenilai bagaimana pemecahan masalah, termasuk merekalah yang menilai dan menentukan pemenang," kata ketua Program Studi Manajemen, FEB Unika Dr Widuri Kumiasari.

Tema yang dipilih dalam kompetisi itu ialah Industri Kreatif Lokal Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Dekan FEB Unika Soegijapranata Semarang Dr Octavianus Digdo Hartomo menegaskan, tema itu dipilih karena mahasiswa akan menghadapi tantangan tersebut pada masa mendatang. Harapannya, mereka bisa bekerja sama menghadapi tantangah, karena mereka tidak mungkin bekerja sendiri-sendiri di era globalisasi yang pesat.

Karena itu, tuntutan kerja sama atau kooperatif menjadi penting. "Kompetisi ini termasuk ajang prestisius, karena diikuti perguruan tinggi
negeri dan swasta ternama di Indonesia. Mahasiswa juga perlu membangun jaringan, mengingat ke depan mereka akan menjadi pemimpin perusahaan atau di instansi pemerintah,” kata Oki, sapaan akrab Dekan FEB Unika.

Di sisi lain, Ketua Panitia Glowmention V Unika Soegijapranata Semarang, Delicia Kezia Rouw mengatakan, kompetisi ini meliputi presentasi penyelesaian kasus dan debat.

►Suara Merdeka 25 Juni 2019 hal. 17

Kategori: