AIDIA Cabang Semarang Sebarkan Spirit Profesionalisme di Kalangan Bisnis
Senin, 24 Juni 2019 | 16:56 WIB

Acara Creative Talkshow sebagai salah satu kegiatan AIDIA Cabang Semarang di LOT 28

Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia (AIDIA) di wilayah Kota Semarang, pada hari Sabtu (22/6) telah menyelenggarakan sebuah Creative Talkshow dengan topik “CALLING ALL DESIGNERS: Berbisnis Desain” bertempat di sebuah cafe LOT 28 Semarang.

Menurut Peter Ardhianto yang menjadi salah satu narasumber dalam acara  tersebut menuturkan  bahwa kegiatan tersebut digalakkan dalam rangka menyebarkan spirit profesionalisme dalam industri Desain Komunikasi Visual (DKV) di berbagai kalangan baik kalangan bisnis maupun akademisi.

“Kami mengundang para praktisi design di Semarang maupun Provinsi Jawa Tengah untuk ngobrol bareng tentang bagaimana mengelola bisnis design. Jadi bukan hanya pandai mendesign tetapi juga mahir dalam menjual design, mendapatkan klien, memanajemen perusahaan lalu menjadikan semua hal itu profitable,” ungkap Peter yang selain seorang praktisi design juga seorang dosen di Prodi Desain Komunikasi Visual Unika Soegijapranata.

“Tantangan yang dihadapi oleh AIDIA dewasa ini adalah minimnya penghargaan terhadap desainer. Sedangkan para desainer sendiri masih cukup minim pengetahuan akan kebutuhan branding, membuat image, mendesign serta menjual perusahaannya. Maka hal yang penting untuk dilakukan adalah bagaimana menjembatani antara para desainer ini dengan perusahaan yang memakai jasa desainer ini dan membangun pemahaman bahwa desain itu adalah menyelesaikan masalah menggunakan visual, bukan menjual designnya,” jelas Peter.

Lebih lanjut Peter menjelaskan bahwa hasil output para designer inilah yang akan memberikan problem solving  terhadap masalah yang dihadapi oleh perusahaan. Sehingga fokusnya bukan pada designnya saja tapi yang utama adalah pada problem solvingnya.

Disamping menggunakan cara edukasi lewat talkshow kepada masyarakat dan perusahaan secara terus menerus tentu masih diperlukan juga upaya lainnya untuk menaikkan daya tawar para desainer ini yaitu dengan satu sepakat dalam asosiasi AIDIA dan AIDIA sendiri juga bekerja dengan aliansi yang lain membuat buku pedoman proyek design, jadi memberikan harga pada design sesuai dengan Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) dan apabila selesai akan dibagikan secara gratis kepada semua pelaku industri sehingga akhirnya akan ada standardnya.

AIDIA kota Semarang selain mengadakan creative talkshow juga dilanjutkan dengan kongres daerah AIDIA Semarang  yang sudah rutin diselenggarakan setiap tiga tahunan sebagai agenda organisasi. Dan berhasil terpilih sebagai Ketua AIDIA untuk periode 2019 – 2021 yaitu Anthony Novianus Suryono, sedangkan Sekretaris Cabang terpilih periode 2019 – 2021 adalah Peter Ardhianto, serta sekaligus ditetapkan sebagai calon Ketua Cabang AIDIA periode 2021 – 2023.

Menanggapi dirinya yang terpilih selain sebagai sekretaris cabang juga calon ketua cabang AIDIA periode mendatang, Peter Ardhianto mengungkapkan dua visinya yaitu yang pertama adalah membuka jaringan dan yang kedua yaitu meningkatkan kepercayaan diri dengan menjadikan para desainer itu sebagai pembelajar supaya frekwensinya akan naik dan rate per hournya akan berbeda karena para desainer ini mempunyai kemampuan yang lebih lagi. (fas)

Kategori: ,