UPT Kemahasiswaan dan Alumni Sosialisasikan Beasiswa di Unika
Jumat, 17 Mei 2019 | 14:43 WIB

Salah satu narasumber dari para penerima beasiswa Unika saat testimoni di hadapan peserta

Unika Soegijapranata mengadakan sosialisasi beasiswa yang dilaksanakan di ruang Teater gedung Thomas Aquinas lantai 3. Sekitar lebih dari 200 mahasiswa dari berbagai program studi di Unika Soegijapranata tampak hadir dan mengikuti acara sosialisasi yang baru pertama kalinya diadakan dalam rangka menginformasikan fasilitas beasiswa yang bisa ditempuh oleh para mahasiswa Unika Soegijapranata yang sudah dipublikasikan pula melalui website unika.

Turut hadir dalam acara sosialisasi beasiswa ini, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr V Kristina Ananingsih yang menyampaikan pesannya terkait beasiswa Unika kepada mahasiswa yang hadir.

“Sosialisasi beasiswa ini diharapkan bisa dilakukan secara rutin, supaya mahasiswa bisa memilih beasiswa yang tepat untuk mereka, sesuai dengan harapan dan persyaratannya juga bisa dipenuhi,” jelasnya.

“Sedangkan latar belakang diselenggarakannya sosialisasi ini karena informasi tentang beasiswa di Unika belum banyak diketahui oleh para mahasiswa sehingga harapannya  setiap satu semester sekali diadakan sosialisasi ,” tutur Kristina.

Sedangkan Kepala UPT Kemahasiswaan & Alumni (UKA) Unika Soegijapranata Alvonsius Ponco Hadi Heru Cahyono SKom  MM menjelaskan kegiatan sosialisasi beasiswa ini di Unika.

“Saya memang baru saja menduduki jabatan baru sebagai Kepala UPT Kemahasiswaan, dan mulai saat itu saya tertarik untuk mensosialisasikan beasiswa yang menurut penilaian saya masih belum terpublikasi secara luas. Maka saya coba rapikan informasi beasiswa tersebut dengan semacam prosedur SOP (Standar Operasional Prosedur) sesuai dengan karakteristik dari masing-masing pemberi beasiswa,”ucapnya.

“Dalam informasi tersebut ada dua klasifikasi beasiswa yang dikenalkan kepada mahasiswa yaitu beasiswa internal universitas dan beasiswa eksternal universitas yaitu CSR dari perusahaan maupun dari pemerintah (misalnya beasiswa unggulan, bidikmisi, Djarum Beasiswa Plus serta beasiswa PPA),” sambungnya.

Kepala UPT Kemahasiswaan & Alumni (UKA) Unika Alvonsius Ponco Hadi Heru Cahyono SKom MM saat paparkan SOP beasiswa

“Setelah itu kami juga membuka wawasan para mahasiswa dengan mengundang beberapa mahasiswa yang sudah pernah atau masih menerima beasiswa sebagai narasumber dan mempresentasikannya sesuai beasiswa yang diambil, selanjutnya ada sesi tanyajawab,” terang Alvon.

“Adapun jadwal pelaksanaannya sosialisasi ini kita laksanakan pada sore hari, agar para mahasiswa yang berminat bisa hadir mengikuti acara ini. Dan tampaknya jumlah peserta memang banyak yang bisa hadir sampai lebih dari 200 mahasiswa.”

“Secara umum para mahasiswa bisa mengajukan beasiswa berdasarkan kebutuhannya, misalnya untuk penelitian seperti beasiswa PKM atau dari sisi keterbatasan sosial ekonomi itu ada beasiswa bidikmisi, YPK A&A Rachmat, VDMI , beasiswa unggulan dsb. Kemudian rata-rata yang banyak diminati adalah beasiswa berdasarkan prestasi dan keaktifan organisasi. Selain itu ada persyaratan pendukung seperti KTP, Kartu Mahasiswa,  Kartu Keluarga serta persyaratan lainnya.”

Untuk informasi lebih detil tentang beasiswa Unika bisa dibaca pada laman website : http://beasiswa.unika.ac.id/beasiswauka/start   .(fas)

Kategori: ,