Visionet Ingin Terus Tingkatkan Internship dengan Unika Soegijapranata
Jumat, 17 Mei 2019 | 16:43 WIB

Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC dengan Presiden Direktur PT Visionet Data Internasional Paulinus Sugondo saat penandatanganan berita acara

Kemarin Kamis (9/5) Unika Soegijapranata telah menandatangani berita acara serah terima program atau aplikasi Vidiaprint termasuk source code yang ada di dalamnya, dengan  PT. Visionet Data Internasional  bertempat di ruang Hijau gedung Mikael lantai 3, Unika. Aplikasi Vidiaprint merupakan program terintegrasi antara mesin fotocopy di perpustakaan dengan alat pembayaran Ovo. Source code yang diserahkan sudah termasuk semua fitur yang selama ini digunakan.

Berita acara yang telah ditandatangani dua pihak ini semakin menguatkan kerjasama antara Unika Soegijapranata dan PT Visionet Duta Internasional dalam hal internship atau magang kerja. Aplikasi tersebut akan menjadi bagian dari kegiatan magang kerja yang akan dilakukan oleh dua mahasiswa program studi Sistem Informasi di semester depan.

Kesempatan magang kerja melalui pengembangan software Vidiaprint yang nantinya akan kembali digunakan untuk kepentingan perpustakaan Unika Soegijapranata merupakan salah satu bentuk alternatif magang kerja selain pengembangan aplikasi-aplikasi yang akan menjadi produk PT  Visionet Data Internasional.

Menurut Presiden Direktur PT  Visionet Data Internasional, Paulinus Sugondo, “pada dasarnya kita membantu mahasiswa yang tadinya hanya belajar menjadi mahasiswa siap bekerja. Kita akan bimbing mahasiswa-mahasiswa untuk siap bekerja setelah lulus kuliah atau wisuda,” terang Paulinus.

“Kebanyakan masalah adalah adanya gap antara lulusan dengan dunia kerja. Nah kita ingin mempersingkat proses adaptasi itu dalam bentuk internship,” lanjutnya.

“Saat ini alumni Unika Soegijapranata di tempat kita ada sekitar 11 orang dan akan terus berkembang sampai angka kebutuhan tersebut nantinya terpenuhi. Program kami banyak sekali, mahasiswa Unika Soegijapranata punya kesempatan yang luas, terutama mereka yang studi di Sistem Informasi dan Teknik Informatika,” tutupnya.

Ketua program studi Sistem Informasi, Dr. Bernardinus Harnadi, menyatakan dukungannya pada program yang dikembangkan oleh PT. Visionet. Prodinya memang mendorong mahasiswa untuk melakukan magang kerja di dalam maupun luar negeri melalui kurikulum yang ada sejak awal. Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara dalam benchmarking kurikulum yang disusun dan kemampuan mahasiswa dengan keahlian yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Harapannya, melalui magang kerja, mahasiswa semakin mudah dalam beradaptasi ketika kerja nanti. (fas)

Kategori: ,