Unika Soegijapranata Kembali Dipercaya Dampingi 9 PTS
Jumat, 17 Mei 2019 | 15:19 WIB

Dua fasilitator dari Lembaga Penjaminan Mutu Unika yaitu Agustine Eva Maria SE MM dan Eny Trimeiningrum SE MSi saat melakukan pengarahan di hari kedua workshop

Pada tahun 2019 ini, untuk ketiga kalinya Unika Soegijapranata kembali mendapatkan kepercayaan dari Direktorat Penjaminan Mutu, Dirjen Belmawa – Kemenristekdikti untuk melaksanakan Program Asuh Perguruan Tinggi (PT) Unggul.

Ada 9 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang didampingi di 3 lokasi yaitu Semarang (2 PTS), Surakarta (4 PTS), dan Pontianak (3 PTS).

Kegiatan pertama dilaksanakan di kampus Unika Soegijapranata pada hari Kamis dan Jumat, 16 dan 17 Mei 2019 dengan peserta dari Polteka Mangunwijaya dan Sekolah Tinggi Theologia Abdiel.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Soegijapranata, Dra Cecilia Titiek Murniati MA PhD menyampaikan perihal hasil pencapaian Program Asuh Perguruan Tinggi (PT) Unggul dari tahun 2017 hingga saat ini tampaknya memenuhi apa yang diharapkan oleh Direktorat Penjaminan Mutu Dirjen Belmawa Kemenristek Dikti, sehingga pada tahun ini Unika Soegijapranata masih dipercaya untuk mendampingi 9 PTS.

“Unika Soegijapranata sudah tiga kali ini mendapatkan hibah Program Asuh Perguruan Tinggi (PT) Unggul sejak tahun 2017. Dulu waktu pertama kali mendapat hibah Program Asuh Perguruan Tinggi (PT) Unggul kita mendampingi beberapa PT yang cukup jauh lokasinya, sedangkan yang sekarang tampaknya hampir sebagian besar lokasi PT nya di Jawa Tengah, dan pada tahap awal kegiatan pendampingan dimulai hari ini untuk PT yang berlokasi di kota Semarang,” urai Cecilia.

“Kesempatan yang diberikan oleh Kemenristek Dikti mengenai hibah Program Asuh Perguruan Tinggi (PT) Unggul ini patut menjadi kebanggaan Unika, karena dengan demikian Unika patut menjadi model tentang penjaminan mutu PT. Terlebih dengan sistem akreditasi terbaru dari Kemeristek Dikti yang sembilan borang itu, walaupun matriks penilaian belum tersedia resmi diberlakukan, namun semua arah kebijakan mengenai penjaminan mutu PT pasti juga akan berubah, menyesuaikan dengan standar yang terbaru. Untuk materi saya nanti, saya akan menjelaskan peranan pimpinan PT dalam membangun budaya mutu,” lanjutnya.

Sedang Agustine Eva Maria SE MM sebagai salah satu fasilitator Lembaga Penjaminan Mutu Unika menambahkan penjelasan mengenai kegiatan pendampingan PTS yang dimulai hari Kamis kemarin.

“Materi pada kegiatan pertama ini adalah Membangun Budaya Mutu Berbasis Regulasi Pada Perguruan Tinggi yang disampaikan oleh Dra Cecilia Titiek Murniati MA PhD sebagai Wakil Rektor I bidang Akademik Unika Soegijapranata,” jelas Eva.

“Materi berikutnya adalah sosialisasi dan workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal berbasis Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dengan 3 fasilitator dari Lembaga Penjaminan Mutu yaitu Valentinus Suroto SH MHum, Agustine Eva Maria SE MM dan Eny Trimeiningrum SE MSi. Kegiatan yang sama juga akan dilaksanakan di Surakarta dan Pontianak pada minggu depan, yaitu tanggal 20 – 21 Mei 2019 di Surakarta dan tanggal 27 – 29 Mei 2019 di Pontianak,”tutupnya. (fas)

Kategori: ,