Unika Luncurkan Aplikasi Berisi Rekam Jejak Mahasiswa
Kamis, 2 Mei 2019 | 16:15 WIB

SM 30_04_2019 Unika Luncurkan Aplikasi Berisi Rekan Jejak Mahasiswa

Universitas Katholik (Unika) Soegijapranata Semarang membuat terobosan baru dengan meluncurkan aplikasi Duta atau Dukungan Kita. Aplikasi ini berisi biodata maupun rekam jejak mahasiswa, selama melakukan aktifitas perkuliahannya di Unika. Platform ini sebenarnya telah dikembangkan Unika sejak 2017.

Aplikasi ini pun bisa dimanfaatkan perusahaan, manakalah mahasiswa telah lulus kuliah dan hendak melamar kerja. Rektor Unika Soegijapranata Semarang Prof Dr Ridwan Sanjaya MS IEC mengatakan, Duta ini bagian dari transformasi Unika sejak 2017. Prinsip aplikasi ini adalah bank data bagi setiap mahasiswa Unika, dengan tiap semesternya diverifikasi dosen wali.

Adanya verifikasi itu memberi penegasan, bahwa data yang direkam itu semakin kuat. "Selama perkuliahan data direkam didalam sistem informasi di Unika dan disajikan saat mereka hendak memasuki dunia kerja. Jadi, perusahaan bisa mengecek selama kuliah di Unika, bahwa pelamar itu memiliki kompetensi apa," tandas Ridwan.

Menurut Ridwan, Duta ini aplikasi terbaru Unika yang diluncurkan saat wisuda universitas di kampus Unika, baru-baru ini. Aplikasi ini menggalang kolaborasi keterlibatan banyak pihak mendukung anak-anak muda Unika berprestasi sesuai keinginannya. Data ini bisa diakses perusahaan di situs resmi kampus. Melalui aplikasi itu, diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi lulusan yang sedang mencari pekerjaannya.

"Melalui aplikasi ini, berbagai data yang dihasilkan dari aktivitas mahasiswa kemudian dikumpulkan dan diolah untuk dihasilkan kesimpulan dan saran bagi penggunanya," jelasnya.

Ketua Panitia Wisuda Periode I Unika Soegijapranata Semarang Bernadeta Lenny Setyowati menegaskan, Unika dalam wisuda ini meluluskan 512 wisudawan. Rinciannya, 28 wisudawan D3, 429 wisudawan S1, dan 55 wisudawan S2.

Suara Merdeka 30 April 2019 hal. 19

Kategori: