UKM KSR Unika Selenggarakan Donor Darah
Kamis, 9 Mei 2019 | 15:08 WIB

Pelaksanaan donor darah di Selasar gedung Thomas Aquinas

Kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh UKM KSR (Korps Sukarela) Unika Soegijapranata telah dilaksanakan pada hari ini Kamis (9/5) bertempat di Selasar gedung Thomas Aquinas.

Ketua UKM KSR Unika Soegijapranata Margareta Wahyuningsih yang saat ini masih studi di Fakultas Psikologi semester VI mengungkapkan latar belakang kegiatan donor darah yang menjadi salah satu program kerja UKM KSR.

“ Donor darah ini memang merupakan kegiatan rutin, yang selalu diadakan oleh UKM KSR sebanyak empat kali dalam satu periode, dan yang sekarang ini dilaksanakan adalah  yang ketiga kalinya,” tutur Reta.

“Selain itu, kegiatan donor darah ini juga merupakan wujud kepedulian kita kepada sesama serta salah satu bentuk pengabdian kita kepada masyarakat, meskipun pelaksanaannya di dalam kampus,” lanjutnya.

“Harapan untuk kegiatan yang selanjutnya kita akan coba laksanakan di luar kampus, supaya masyarakat bisa ikut terlibat,” ucapnya.

Reta juga menjelaskan bahwa pelaksanaan donor darah memang selalu tiga bulan sekali, disamping memang para donor baru boleh mendonorkan darahnya minimal dua bulan kemudian, hal lain juga saat ini bertepatan dengan bulan puasa, sehingga biasanya jumlah pendonor akan menurun, oleh karena itu kita adakan donor darah saat ini.

Sementara Ketua panitia donor darah UKM KSR Unika Pretty Elishia Zega juga menegaskan bahwa pelaksanaan donor darah tidak melulu untuk pemenuhan kebutuhan kepada yang di donor, tetapi donor darah juga bisa memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan si pendonor, antara lain membantu membakar kalori, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah, hingga menurunkan risiko kanker.

“Oleh karena itu kami kerja sama dengan PMI Kota Semarang dan mengadakan kegiatan donor darah. Sedang jumlah peserta donor darah kali ini memang tidak seperti biasanya, karena beberapa alasan diantaranya karena masa puasa, hemoglobin dalam darah kurang 12,5 – 17 gr/dl hingga tekanan darah terlalu rendah atau terlalu tinggi,” terangnya.

Berikut adalah jumlah peserta yang mengikuti kegiatan donor darah pada hari ini, total pendaftar adalah 75 orang, kantong darah yang berhasil didapat adalah 42 kantong darah, sementara ada juga yang  tidak lolos pemeriksaan donor darah yaitu sejumlah 33 orang. (fas)

Kategori: ,