UKM Kembang Taru Adakan Festival Soetradafest
Rabu, 8 Mei 2019 | 8:20 WIB

Para pemenag festival Soetradafest 2019 dengan trophy yang berhasil diraihnya

Sebuah festival karya tari tradisional kelompok atau Soetradafest (Soegijapranata Tradisonal Festival) telah diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Tari Unika Soegijapranata pada hari Sabtu (4/5) bertempat di Auditorium Albertus kampus Unika.
Soetradafest merupakan salah satu realisasi program kerja UKM Seni Tari atau yang sering disebut UKM Seni Kembang Taru, yang sudah cukup banyak berkiprah dalam ajang seni baik di internal Unika sendiri maupun di luar Unika.
Menurut keterangan dari Ketua UKM Seni Kembang Taru Unika sekaligus Ketua Panitia Soetradafest Anisa Fatriani, soetradafest yang diikuti oleh sekitar 10 kelompok peserta ini bertujuan untuk memupuk dan mewadahi bakat seni tari tradisional yang dimiliki oleh kaum muda di era milenial ini.
“Saya berharap soetradafest bisa menjadi magnet kaum muda terutama anak-anak SMA atau SMK se-Jateng dan DIY untuk lebih mengenal Unika Soegijapranata. Dan selanjutnya ikut bergabung di dalamnya untuk melestarikan seni tari tradisional melalui UKM Kembang Taru,” ucapnya.
Anisa juga berharap festival seni tari tradisional ini bisa menjadi agenda rutin yang bisa dijadikan media berkumpulnya para pelaku dan pemerhati seni tari tradisional secara luas.
“Dalam soetradafest para peserta dari masing-masing kelompok diwajibkan menciptakan sebuah karya seni tari baru yang bersumber dari seni tari tradisional kawasan nusantara,” imbuhnya.

Tim panitia Soetradafest 2019 berfoto bersama usai pelaksanaan lomba

Lebih lanjut Anisa juga memaparkan perihal peserta yang ikut dalam Soetradafest 2019.
“Seluruhnya ada 10 peserta, meliputi enam kelompok dari sekolah SMA dan empat kelompok dari umum. Dan dari sisi usia peserta, masing-masing peserta berusia maksimal 25 tahun serta tiap kelompok terdiri dari tiga hingga lima peserta,” sambungnya.
Sedangkan tim juri yang terlibat dalam festival ini meliputi tiga juri yang terdiri dari dua juri dari ISI Yogyakarta dan satu juri dari seniman muda Semarang.
Para pemenang dalam soetradafest akan mendapat trophy dan uang pembinaan, dan pemenangnya dicari dua penyaji terbaik tingkat SMA dan dua penyaji terbaik tingkat umum, serta penata rias dan busana terbaik.
Berikut adalah para pemenang di ajang soetradafest, penyaji terbaik tingkat SMA adalah SMAN 6 Semarang dan SMA PL Don Bosco, sementara untuk kategori umum adalah Polah Art Dance dan Unnes. (fas)

Kategori: ,