Taekwondo Unika Raih Dua Medali Dalam POM Rayon I Jawa Tengah
Jumat, 3 Mei 2019 | 17:07 WIB

Paling kiri, Inacio Randilana Valente Monteiro Goncalves saat menerima medali dalam kejuaraan Taekwondo POM Rayon I Jawa Tengah

Kembali dua prestasi olah raga telah diraih oleh dua atlet taekwondo dari Pra UKM Taekwondo Unika Soegijapranata dalam ajang Pekan Olah Raga Mahasiswa (POM) Rayon I Jawa Tengah yang diselenggarakan di Jepara.

Ajang kompetisi yang diikuti oleh atlet dari berbagai perguruan tinggi di wilayah rayon I ini, berlangsung selama satu hari yaitu pada hari Sabtu (27/4) lalu. Dan dalam kesempatan tersebut Inacio Randilana Valente Monteiro Goncalves yang masih studi di Fakultas Psikologi Unika angkatan 2016, telah berhasil meraih juara II dalam kategori Fight over 87 kg, sementara rekannya satu tim Cindy Mellyanza Inka Putri dari Fakultas Teknik telah berhasil meraih juara III dalam kategori Fight over 73 kg.

Dalam penjelasannya, Inacio membagikan pengalamannya selama mengikuti POM Rayon I Jawa Tengah.

“Saya sudah dua kali mengikuti kejuaraan Taekwondo di POM Rayon I, yaitu yang pertama di kejuaraan POM Rayon I pada tahun 2015, dalam kategori yang sama yakni Fight over 87 kg dan mendapat juara I atau berhasil meraih medali emas. Sedang untuk yang POM Rayon I tahun 2019 ini, saya berhasil meraih juara II atau medali perak,” ucapnya.

Inacio juga menambahkan bahwa dalam kejuaran taekwondo di POM Rayon I ini diikuti oleh empat atlet taekwondo dari Unika Soegijapranata, dan tentu sudah dipersiapkan cukup lama terlebih dengan jarak tempuh tempat pertandingan yang cukup jauh, apabila tidak ada prestasi yang berhasil diraih tentu akan menurunkan semangat, beruntung akhirnya dengan latihan yang cukup dan sungguh-sungguh dapat berhasil meraih juara II atau medali perak serta juara III atau perunggu.

“Menurut saya untuk POM Rayon tahun ini para atlet sepertinya juga sudah mempersiapkan diri secara maksimal, sehingga kualitas pemainnya rata-rata bagus, demikian juga kualitas permainannya juga bagus. Sehingga apabila ada yang juara atau menang tentu karena hasil latihan yang lebih baik,” terangnya.

Inacio juga menjelaskan alasannya memilih kategori fight.” Saya pilih kategori fight tidak lain karena di cabang olah raga taekwondo ini kita bisa melatih kesehatan baik emosi maupun fisik, selain itu dalam cabang taekwondo juga banyak prestasi di dalam negeri maupun luar negeri, sehingga itu yang mendorong saya untuk tetap konsisten mengembangkan diri di taekwondo, khususnya di kategori fight,”jelasnya.

Di sesi akhir wawancara, saat ditanya pendapatnya secara umum untuk generasi muda yang sedang menekuni cabang taekwondo, apa yang menjadi kendala terbesar untuk berkembang, Inacio menilai faktor disiplin dan kemauan untuk mengatasi rasa malas menjadi kendala terbesar, maka untuk mengantisipasinya adalah senantiasa rajin mengikuti latihan dan berkomunitas dengan sesama atlet taekwondo sehingga bisa saling memotivasi untuk terus maju dan berkembang. Oleh karena itu Inacio berharap tahun depan pra UKM Taekwondo bisa jadi UKM, supaya ada wadah bagi mahasiswa Unika yang dulu sewaktu SMA pernah menekuni taekwondo. (fas)

Kategori: ,