Seminar GeCoFest Buka Paradigma Baru Entrepreneurship IT
Senin, 13 Mei 2019 | 10:28 WIB

Salah satu pembicara seminar tampak memaparkan materinya di acara Seminar GeCoFest

Sebuah acara seminar yang termasuk dalam rangkaian acara  “Game and Coding Festival” atau sering disebut GeCoFest yang rutin diselenggarakan tiap tahun sejak 2012 oleh Program Studi Sistem Informasi, pada Jumat (10/5) lalu telah kembali dilangsungkan dengan mengundang dua narasumber dari kalangan praktisi yaitu Andi Taru dari Gamelab Studio serta Christian Chandra dari Rect Media.

Acara seminar yang dihadiri oleh para dosen, mahasiswa, calon mahasiswa dan orang tua mahasiswa baru ini diselenggarakan di ruang Teater gedung Thomas Aquinas dengan tujuan untuk sosialisasi program studi Sistem Informasi dan mendekatkan para mahasiswa dengan pengalaman para praktisi yang sudah berkompeten di bidangnya, seperti yang disampaikan oleh Bernardinus Harnadi PhD sebagai Ketua Program Studi Sistem Informasi Unika.

“Pada sesi seminar yang bertemakan ‘Entrepreneurship Innovation’ ini, kami mencoba memperkenalkan kepada para calon mahasiswa baru beserta orang tuanya yang telah mengambil kesempatan untuk studi di prodi Sistem Informasi Unika. Yang kami perkenalkan tidak hanya lingkungan kampus saja tentunya, tetapi juga Media Komunikasi Digital yang digunakan oleh Program Studi untuk dapat menjalin komunikasi dengan calon mahasiswa, mahasiswa, alumni, serta masyarakat, melalui Instagram Program Studi, Facebook Page Program Studi, Akun Line resmi Program Studi, Grup Facebook per angkatan mulai dari angkatan 2012 sampai dengan 2018, Grup Facebook Alumni dan website resmi Program Studi. ”

“Hal lain tentunya para calon mahasiswa dan orangtua mahasiswa juga ingin lebih jauh mengetahui seperti apa karir yang bisa ditekuni oleh para lulusan prodi Sistem Informasi, yang dalam acara seminar ini diwakili oleh dua pembicara yang akan memberikan pengetahuan dan pengalamannya dalam mengembangkan kompetensinya di masyarakat,” lanjutnya.

Dalam acara seminar yang dimoderatori oleh dosen Sistem Informasi Agus Cahyo Nugroho SKom  MT, Andi Taru dari Gamelab Studio yang mendapat giliran menyampaikan materi pada sesi pertama tampak  memperkenalkan Gamelab Studio kepada peserta seminar.

“Gamelab Studio adalah startup dalam bidang Game Edukasi yang berasal dari Salatiga. Beberapa karya kami antara lain adalah Game Edukasi MarBel (Mari Belajar). Selain MarBel ada juga game lain yang berjudul Ludo Deluxe yang pada tahun 2017 berhasil meraih peringkat tujuh dalam Tizen Incentive Program Top 100 Global Games yang diselenggarakan Samsung dan game berjudul Emak-Emak Matic yang berhasil meraih Google Play Editor Choice,” papar Andi Taru.

Selain berbagi cerita kesuksesan, Andi Taru juga menceritakan perjalanan jatuh bangunnya startup untuk memberikan inspirasi ke peserta. Andi Taru menyampaikan pula kutipan dari Walt Disney, ‘Semua mimpimu akan terwujud selama kamu punya keberanian untuk mengejarnya’.

Sesi pertama ini ditutup dengan penanda tanganan MOU antara Andi Taru mewakili Gamelab Studio dengan Erdhi Widyarto  ST  MT selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata.

Selanjutnya pada sesi kedua seminar, Christian Chandra dari Rect Media juga memperkenalkan dirinya, dan startup yang dibangunnya.

“Saya adalah alumni Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata dan sudah pula menyelesaikan studi S2 saya di Jepang. Sedangkan Rect Media adalah startup yang saya bangun dan bergerak di bidang penyedia jasa IT yang berasal dari Semarang. Rect Media bergerak di bidang Internet of Things (IOT) khususnya dalam Solar Monitoring System, developer Web, Server Management, pengembangan aplikasi Android dan IOS, serta Search Engine Optimization dan Internet Marketing.”

“Sebelumnya saya juga pernah magang di perusahaan Jepang saat masih kuliah di sana. Sekembalinya ke Indonesia berdasarkan pengalaman dan keilmuan yang saya peroleh saya bangun Reck Media yang hingga saat ini telah memiliki  klien dari perusahaan Jepang dan hingga sekarang telah berkembang menjadi tiga perusahaan dan satu dari Australia,” ungkapnya.

Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti kedua sesi pembicara tersebut dan merasa terinspirasi untuk mengikuti jalan entrepreneurship yang terbuka luas untuk mereka yang menggeluti bidang IT.(fas)

Kategori: ,