Roadshow FAD Fest 2019 dalam Peringatan Hari Bumi
Selasa, 7 Mei 2019 | 19:26 WIB

Dalam rangka memperingati hari bumi, panitia FAD Fest 2019 beserta dengan warga FAD (Fakultas Arsitektur dan Desain) Unika Soegijapranata melakukan kegiatan kerjabakti mengumpulkan sampah di lingkungan Unika pada Jumat (3/5) terkhusus di Gedung Henricus Constant dan sekitarnya.
Kegiatan ini selain bertujuan untuk memperingati hari bumi juga sebagai bentuk roadshow pertama menuju FAD Festival 2019 yang berpuncak pada bulan September mendatang. FAD Festival sendiri merupakan sebuah acara tahunan untuk memperingati hari ulang tahun Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata serta sebagai bentuk acara penyambutan mahasiswa baru FAD.
Fokus utama pada kegiatan kerjabakti ini ialah pengumpulan sampah plastik karena sampah plastik ini merupakan sampah yang paling banyak dijumpai di lingkungan Unika. Setelah kegiatan pengumpulan sampah selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan tema dan konsep FAD Fest 2019 di Amphitheater Gedung Henricus Constant Unika Soegijapranata.
Tahun ini FAD Festival mengambil tema Less Waste. Bernadus Bhirawa Anoraga atau yang akrab disapa Bhira selaku ketua panitia FAD Fest 2019 menyampaikan bahwa tema ini berangkat dari keprihatinan akan banyaknya sampah yang ada di lingkungan.
“konsep tema FAD Fest sendiri itu adalah Less Waste. Ini diambil dari keprihatinan akan banyaknya sampah di lingkungan dan sampah yang dihasilkan oleh anak-anak Unika sendiri seperti sampah styrofoam, plastik, putung rokok, dsb,” kata Bhira.
Selain mengambil tema Less Waste, FAD Fest 2019 juga mengambil tagline logo Uption yang merupakan kependekan dari Upcyle Action. Dengan tagline uption ini, FAD Fest ingin memberikan sebuah contoh aksi nyata dalam upcyle.
“menurut kami sampah-sampah seperti itu tidak hanya sekali pakai lalu dibuang, tetapi bisa dilakukan upcycle. Kalau misal recycle itu mengolah kembali seperti gelas plastik jadi gelas plastik, maka upcycle mengubah dari gelas plastik menjadi pot sehingga nilai fungsi yang dihasilkan lebih tinggi,” tandas Bhira.
Kegiatan ini dimeriahkan dengan adanya mini gigs dan karaoke bersama. Kegiatan roadshow ini juga akan diselenggarakan dibeberapa tempat seperti di pantai, Car Free Day, beberapa SMA di Kota Semarang, serta melalui beberapa himpunan di luar dan di dalam Unika.
Melalui kegiatan ini Bhira berharap agar masyarakat Unika dapat semakin peduli terhadap lingkungan dan sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.
“harapannya supaya masyarakat Unika dapat sadar untuk membuang sampah pada tempatnya. Mungkin mengurangi sampah terutama sampah plastik akan sulit kalau tidak dari setiap proses, maka kami sangat mengharapkan untuk membuang sampah pada tempatnya,” ujar Bhira. (CBL)

Kategori: ,